Julaeha, Siti (2023) Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan pada Pasien Tuberkulosis di Puskesmas DTP Jatinangor. Other thesis, Universitas Bhakti Kencana.
![[thumbnail of Cover.png]](https://repository.bku.ac.id/601/1.hassmallThumbnailVersion/Cover.png)

Cover.png - Published Version
Download (65kB) | Preview
![[thumbnail of Lembar Pengesahan.png]](https://repository.bku.ac.id/601/2.hassmallThumbnailVersion/Lembar%20Pengesahan.png)

Lembar Pengesahan.png - Published Version
Download (157kB) | Preview
![[thumbnail of Lembar Persetujuan.png]](https://repository.bku.ac.id/601/3.hassmallThumbnailVersion/Lembar%20Persetujuan.png)

Lembar Persetujuan.png - Published Version
Download (195kB) | Preview
![[thumbnail of Pernyataan.png]](https://repository.bku.ac.id/601/4.hassmallThumbnailVersion/Pernyataan.png)

Pernyataan.png - Published Version
Download (264kB) | Preview
![[thumbnail of Kata Pengantar.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (107kB)
![[thumbnail of Daftar Isi.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (69kB)
![[thumbnail of Abstrak.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Abstrak.pdf - Published Version
Download (45kB)
![[thumbnail of Bab 1.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 1.pdf - Published Version
Download (127kB)
![[thumbnail of Bab 2.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 2.pdf - Published Version
Download (182kB)
![[thumbnail of Bab 3.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (171kB)
![[thumbnail of Bab 4.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (161kB)
![[thumbnail of Bab 5.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (153kB)
![[thumbnail of Bab 6.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 6.pdf - Published Version
Download (43kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (174kB)
![[thumbnail of Lampiran.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf - Published Version
Download (3MB)
Abstract
Tuberkulosis masih menjadi masalah kesehatan global yang signifikan, termasuk di Indonesia. Pelayanan keperawatan yang memadai bagi pasien tuberkulosis memiliki peran penting dalam memastikan pengobatan yang efektif dan pemulihan pasien. Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan menjadi indikator penting dalam menilai kualitas perawatan yang diberikan. Tujuan penelitian ini untuk
mengidentifikasi gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan di Puskesmas DTP Jatinangor. Metode ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menggunakan kuesioner. Sampel pada penelitian inimenggunakan metode purposive sampling dimana peneliti telah memilih sampel yang menjadi responden yaitu 58 responden dengan kriteria inklusi dan esklusi.Hasil penelitian menunjukan
Reliability (Kehandalan) di Puskesmas DTP Jatinangor puas sebanyak (51,7%), Responsiveness (Daya Tanggap) tidak puas sebanyak (86,2%), Assurance (Jaminan) tidak puas sebanyak (84,5%), Empathy (Empati) tidak puas sebanyak (89,7%),
Tangibles (Bukti Fisik) tidak puas sebanyak (77,6%)sedangkan untuk kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan tidak puas sebanyak (70,7%). Dari hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa kepuasan pasien berdasarkan pelayanan keperawatan yang diberikan, lebih banyak yang mengatakan tidak puas yaitu pada dimensi responsiveness, assurance, empathy dan tangibles daripada yang puas yaitu dimensi reliability. Rekomendasi bagi puskesmas menyediakan untuk melakukan pelatihan khusus 6 bulan sekali kepada perawat terkait komunikasi, empati, dan keterampilan pelayanan yang
dapat membantu mereka lebih efektif dalam merawat pasien tuberkulosis.
Kata Kunci : Kepuasan pasien, Pelayanan keperawatan, Tuberkulosis.
Daftar Pustaka : 10 Buku (2013-2022), 26 Jurnal (2015-2020), 5 Website (2022)
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | A Keperawatan > AG Manajamen Keperawatan |
Divisions: | Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan |
Depositing User: | S.IIP Rosy Rosytasary |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 08:16 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 08:16 |
URI: | https://repository.bku.ac.id/id/eprint/601 |