Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan pada Pasien Tuberkulosis di Puskesmas DTP Jatinangor

Julaeha, Siti (2023) Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan pada Pasien Tuberkulosis di Puskesmas DTP Jatinangor. Other thesis, Universitas Bhakti Kencana.

[thumbnail of Cover.png]
Preview
Image
Cover.png - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan.png]
Preview
Image
Lembar Pengesahan.png - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Persetujuan.png]
Preview
Image
Lembar Persetujuan.png - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of Pernyataan.png]
Preview
Image
Pernyataan.png - Published Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of Kata Pengantar.pdf] Text
Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (107kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (69kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (45kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (127kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (182kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[thumbnail of Bab 6.pdf] Text
Bab 6.pdf - Published Version

Download (43kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (174kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Tuberkulosis masih menjadi masalah kesehatan global yang signifikan, termasuk di Indonesia. Pelayanan keperawatan yang memadai bagi pasien tuberkulosis memiliki peran penting dalam memastikan pengobatan yang efektif dan pemulihan pasien. Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan menjadi indikator penting dalam menilai kualitas perawatan yang diberikan. Tujuan penelitian ini untuk
mengidentifikasi gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan di Puskesmas DTP Jatinangor. Metode ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menggunakan kuesioner. Sampel pada penelitian inimenggunakan metode purposive sampling dimana peneliti telah memilih sampel yang menjadi responden yaitu 58 responden dengan kriteria inklusi dan esklusi.Hasil penelitian menunjukan
Reliability (Kehandalan) di Puskesmas DTP Jatinangor puas sebanyak (51,7%), Responsiveness (Daya Tanggap) tidak puas sebanyak (86,2%), Assurance (Jaminan) tidak puas sebanyak (84,5%), Empathy (Empati) tidak puas sebanyak (89,7%),
Tangibles (Bukti Fisik) tidak puas sebanyak (77,6%)sedangkan untuk kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan tidak puas sebanyak (70,7%). Dari hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa kepuasan pasien berdasarkan pelayanan keperawatan yang diberikan, lebih banyak yang mengatakan tidak puas yaitu pada dimensi responsiveness, assurance, empathy dan tangibles daripada yang puas yaitu dimensi reliability. Rekomendasi bagi puskesmas menyediakan untuk melakukan pelatihan khusus 6 bulan sekali kepada perawat terkait komunikasi, empati, dan keterampilan pelayanan yang
dapat membantu mereka lebih efektif dalam merawat pasien tuberkulosis.

Kata Kunci : Kepuasan pasien, Pelayanan keperawatan, Tuberkulosis.
Daftar Pustaka : 10 Buku (2013-2022), 26 Jurnal (2015-2020), 5 Website (2022)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A Keperawatan > AG Manajamen Keperawatan
Divisions: Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Depositing User: S.IIP Rosy Rosytasary
Date Deposited: 24 Sep 2025 08:16
Last Modified: 24 Sep 2025 08:16
URI: https://repository.bku.ac.id/id/eprint/601

Actions (login required)

View Item
View Item