Gambaran Tingkat Stres Akademik pada Pembelajaran Luring di Era Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas XII di SMA Guna Dharma

Agustina, Sapreni (2022) Gambaran Tingkat Stres Akademik pada Pembelajaran Luring di Era Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas XII di SMA Guna Dharma. Diploma thesis, Universitas Bhakti Kencana.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (24kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan.pdf] Text
Halaman Pengesahan.pdf - Presentation

Download (86kB)
[thumbnail of Halaman Persetujuan.pdf] Text
Halaman Persetujuan.pdf - Published Version

Download (90kB)
[thumbnail of Pernyataan.pdf] Text
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (48kB)
[thumbnail of Kata Pengantar.pdf] Text
Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (24kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (25kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (19kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (64kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (124kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[thumbnail of Bab 6.pdf] Text
Bab 6.pdf - Published Version

Download (3kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (73kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Pendahuluan: SMA Guna Dharma merupakan salah satu sekolah yang mulai melaksanakan pembelajaran luring di era pandemi virus corona. Peneliti menemukan beberapa gejala stress yang dirasakan oleh para peserta didik di SMA Guna Dharma yang berjumlah 334 orang antara lain: banyak kegiatan namun waktu yang terbatas, lingkungan yang tidak kondusif, tekanan untuk naik kelas, banyak tugas, nilai ulangan, tekanan untuk berprestasi tinggi, keputusan menentukan jurusan dan karir serta kecemasan ujian dan manajemen waktu. Metode: Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian deskriptif dengan rancangan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini sejumlah 334 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara proportional stratified random sampling dan didapatkan jumlah sampel sebesar 77 responden. Temuan: Karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin pada mahasiswa selama perkuliahan daring di era pandemi Covid-19 mayoritas perempuan. Hasil penelitian didapatkan mayoritas karakteristik responden berdasarkan usia pada mahasiswa selama perkuliahan di era pandemi Covid-19 berkisar dari usia 18-22 tahun dengan kategori stres sedang. Analisa: Gambaran tingkat stres akademik siswa selama pembelajaran luring pada masa pandemi Covid-19 menunjukan bahwa sebagian besar dari responden mengalami stres akademik selama pembelajaran luring pada masa pandemi Covid-19 Diskusi: Ketersediaan sarana dan prasarana bimbingan dan konsuling disekolah selama masa pandemi Covid-19 dibutuhkan bagi para siswa untuk mengatasi stres akademik yang mungkin terjadi pada peserta didik.

Kata Kunci: Stres Akademik, Pembelajaran Luring, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A Keperawatan > AI Jiwa
Divisions: Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Keperawatan > D3 Keperawatan
Depositing User: Mala Nurmala Pebriani
Date Deposited: 09 Oct 2025 04:11
Last Modified: 09 Oct 2025 04:11
URI: https://repository.bku.ac.id/id/eprint/959

Actions (login required)

View Item
View Item