Hanifah, Wilda (2023) Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan di Instalasi Gawat Darurat RSUD Sumedang. Other thesis, Universitas Bhakti Kencana.
![[thumbnail of Cover.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover.pdf - Published Version
Download (25kB)
![[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (107kB)
![[thumbnail of Lembar Persetujuan.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lembar Persetujuan.pdf - Published Version
Download (122kB)
![[thumbnail of Pernyataan.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Pernyataan.pdf - Published Version
Download (135kB)
![[thumbnail of Kata Pengantar.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (226kB)
![[thumbnail of Daftar Isi.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (239kB)
![[thumbnail of Abstrak.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Abstrak.pdf - Published Version
Download (11kB)
![[thumbnail of Bab 1.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 1.pdf - Published Version
Download (135kB)
![[thumbnail of Bab 2.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 2.pdf - Published Version
Download (292kB)
![[thumbnail of Bab 3.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (150kB)
![[thumbnail of Bab 4.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (255kB)
![[thumbnail of Bab 6.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 6.pdf - Published Version
Download (6kB)
![[thumbnail of Bab 5.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (159kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (233kB)
![[thumbnail of Lampiran.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf - Published Version
Download (3MB)
Abstract
Kepuasan ialah suatu keadaan yang dirasakan pasien setelah dia menemukan hasil yang telah memenuhi harapannya. Kepuasan pasien ialah pelayanan yang diberikan kepada pasien dengan apa yang mereka butuhkan dan yang di inginkan. Pelayanan yang kurang cepat atau waktu tanggap lama dapat menyebabkan pasien merasa kurang puas terhadap pelayanan keperawatan. faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien ada 5 yaitu dimana sikap caring dan pendekatan perawat dengan pasien pada saat memberikan asuhan keperawatan, pengetahuan dari perawat,
prosedur administrasi, fasilitas yang disediakan oleh rumah sakit dan keterampilan perawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan Di Instalasi Gawat Darurat. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik sampling yaitu purposive sampling, dimana populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien di Instalasi Gawat Darurat dengan jumlah 2.829 dan sampel sebanyak 97 paien. Instrumen yang digunakan dengan kategori Respnsiveness, Assurance, Tangible, Emphaty, dan Reliability berupa kuesioner kepuasan pasien. Berdasarkan hasil yang diperoleh
data kepuasan pasien dengan kategori sangat puas sebanyak 87 responden (89,7%). Pasien puas dengan pelayanan yang diberikan perawat sebagian besar disebabkan oleh perawat memberi informasi dengan jelas dan mudah dimengerti
(Responsiveness), sebelum melakukan tindakan perawat menjelaskan tujuan tindakan yang akan dilakukan (Assurance), perawat yang menjaga kerapihan dan penampilannya(Tangibles), adanya perawat yang sering melihat danmemeriksa keadaan pasien (Emphaty) dan pearawat melapor segala perubahan pasien (Reliability). Diharapkan kepada Rumah Sakit harus mampu mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan keperawatan yang professional khususnya di ruangan Instalasi Gawat Darurat.
Kata Kunci : Instalasi Gawat Darurat, Kepuasan Pasien, Pelayanan Keperawatan.
Sumber : 21 Jurnal (2015-2022), 6 Buku (2015-2022), 2 Skripsi (2021-2022)
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | A Keperawatan > AD Komunitas |
Divisions: | Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan |
Depositing User: | S.IIP Rosy Rosytasary |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 10:24 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 10:24 |
URI: | https://repository.bku.ac.id/id/eprint/931 |