Gambaran Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Informasi Obat oleh Tenaga Vokasi Farmasi di Apotek Komunitas Sehat Permata

Yusfiani, Alya Humaira (2024) Gambaran Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Informasi Obat oleh Tenaga Vokasi Farmasi di Apotek Komunitas Sehat Permata. Diploma thesis, Universitas Bhakti Kencana.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (65kB)
[thumbnail of pengesahan.pdf] Text
pengesahan.pdf - Published Version

Download (146kB)
[thumbnail of pernyataam.pdf] Text
pernyataam.pdf - Published Version

Download (121kB)
[thumbnail of pengantar.pdf] Text
pengantar.pdf - Published Version

Download (121kB)
[thumbnail of isi.pdf] Text
isi.pdf - Published Version

Download (183kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf - Published Version

Download (58kB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf - Published Version

Download (63kB)
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf - Published Version

Download (190kB)
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf - Published Version

Download (55kB)
[thumbnail of pustaka.pdf] Text
pustaka.pdf - Published Version

Download (125kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf - Published Version

Download (399kB)

Abstract

Kepuasan pasien merupakan tingkat perasaan pasien atau konsumen yang muncul akibat dari suatu layanan kesehatan yang diberikan pada pasien, dimana pasien bisa membandingkan antara pelayanan yang diberikan dengan apa yang diharapkan. Maka dari itu, kepuasan pasien sangatlah bergantung pada kualitas pelayanan yang diberikan oleh petugas. Jika seorang pasien atau konsumen merasa puas dengan apa yang diberikan oleh jasa pelayanan tersebut, maka sangat besar kemungkinannya pasien akan kembali lagi dan menjadi pelanggan dalam waktu yang lama. Tenaga Vokasi Farmasi (TVF) memiliki tanggung jawab, kewajiban, serta tugas yang penting terutama di bidang pelayanan, yaitu pelayanan informasi obat (PIO) di apotek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen mengenai pelayanan informasi obat oleh TVF di Apotek Komunitas Sehat Permata. Metode penelitian ini termasuk jenis penelitian observasional secara deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini merupakan konsumen di Apotek Komunitas Sehat Permata yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Data diambil menggunakan kuesioner sebanyak 99 responden dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan konsumen terhadap PIO yang diberikan oleh TVF adalah sangat puas dari semua dimensi. Adapun persentase yang paling besar adalah pada dimensi Empati (Emphaty) (88,32%), dilanjutkan dengan dimensi Ketanggapan (Responsiveness) (85,92%), dimensi Jaminan (Assurance) (85,35%), dimensi Kehandalan (Reliability) (83,90%), dan dimensi Berwujud (Tangibles) (83,01%). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan informasi obat di Apotek Komunitas Sehat Permata adalah sangat puas dengan rata-rata persentase 85,30% oleh TVF.

Kata Kunci: Kepuasan konsumen, Pelayanan informasi obat, Tenaga Vokasi Farmasi, Apotek

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Farmasi > BE Farmakologi dan Farmasi Klinik
Divisions: Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Farmasi > D3 Farmasi
Depositing User: Pustaka Pustaka Pustakawan
Date Deposited: 30 Sep 2025 06:14
Last Modified: 30 Sep 2025 06:14
URI: https://repository.bku.ac.id/id/eprint/780

Actions (login required)

View Item
View Item