Yusfiani, Alya Humaira (2024) Gambaran Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Informasi Obat oleh Tenaga Vokasi Farmasi di Apotek Komunitas Sehat Permata. Diploma thesis, Universitas Bhakti Kencana.
![[thumbnail of Cover.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover.pdf - Published Version
Download (65kB)
![[thumbnail of pengesahan.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
pengesahan.pdf - Published Version
Download (146kB)
![[thumbnail of pernyataam.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
pernyataam.pdf - Published Version
Download (121kB)
![[thumbnail of pengantar.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
pengantar.pdf - Published Version
Download (121kB)
![[thumbnail of isi.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
isi.pdf - Published Version
Download (183kB)
![[thumbnail of abstrak.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
abstrak.pdf - Published Version
Download (58kB)
![[thumbnail of bab 1.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 1.pdf - Published Version
Download (63kB)
![[thumbnail of bab 2.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 2.pdf - Published Version
Download (190kB)
![[thumbnail of bab 3.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (176kB)
![[thumbnail of bab 4.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (274kB)
![[thumbnail of bab 5.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 5.pdf - Published Version
Download (55kB)
![[thumbnail of pustaka.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
pustaka.pdf - Published Version
Download (125kB)
![[thumbnail of lampiran.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
lampiran.pdf - Published Version
Download (399kB)
Abstract
Kepuasan pasien merupakan tingkat perasaan pasien atau konsumen yang muncul akibat dari suatu layanan kesehatan yang diberikan pada pasien, dimana pasien bisa membandingkan antara pelayanan yang diberikan dengan apa yang diharapkan. Maka dari itu, kepuasan pasien sangatlah bergantung pada kualitas pelayanan yang diberikan oleh petugas. Jika seorang pasien atau konsumen merasa puas dengan apa yang diberikan oleh jasa pelayanan tersebut, maka sangat besar kemungkinannya pasien akan kembali lagi dan menjadi pelanggan dalam waktu yang lama. Tenaga Vokasi Farmasi (TVF) memiliki tanggung jawab, kewajiban, serta tugas yang penting terutama di bidang pelayanan, yaitu pelayanan informasi obat (PIO) di apotek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen mengenai pelayanan informasi obat oleh TVF di Apotek Komunitas Sehat Permata. Metode penelitian ini termasuk jenis penelitian observasional secara deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini merupakan konsumen di Apotek Komunitas Sehat Permata yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Data diambil menggunakan kuesioner sebanyak 99 responden dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan konsumen terhadap PIO yang diberikan oleh TVF adalah sangat puas dari semua dimensi. Adapun persentase yang paling besar adalah pada dimensi Empati (Emphaty) (88,32%), dilanjutkan dengan dimensi Ketanggapan (Responsiveness) (85,92%), dimensi Jaminan (Assurance) (85,35%), dimensi Kehandalan (Reliability) (83,90%), dan dimensi Berwujud (Tangibles) (83,01%). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan informasi obat di Apotek Komunitas Sehat Permata adalah sangat puas dengan rata-rata persentase 85,30% oleh TVF.
Kata Kunci: Kepuasan konsumen, Pelayanan informasi obat, Tenaga Vokasi Farmasi, Apotek
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Farmasi > BE Farmakologi dan Farmasi Klinik |
Divisions: | Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Farmasi > D3 Farmasi |
Depositing User: | Pustaka Pustaka Pustakawan |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 06:14 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 06:14 |
URI: | https://repository.bku.ac.id/id/eprint/780 |