Yusriyyah, Selma (2020) Hubungan Stres Akademik dengan Academic Burnout pada Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan Universitas Bhakti Kencana. Other thesis, Universitas Bhakti Kencana.
cover.pdf - Published Version
Download (220kB)
lembar persetujuan.pdf - Published Version
Download (237kB)
lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (242kB)
pernyataan.pdf - Published Version
Download (240kB)
abstrak.pdf - Published Version
Download (444kB)
kata pengantar.pdf - Published Version
Download (402kB)
daftar isi.pdf - Published Version
Download (352kB)
bab 1.pdf - Published Version
Download (360kB)
bab 2.pdf - Published Version
Download (529kB)
bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (624kB)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (483kB)
bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (221kB)
daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (463kB)
lampiran.pdf - Published Version
Download (1MB)
Abstract
Mahasiswa keperawatan dalam pendidikannya dituntut melakukan
berbagai proses perkuliahan. Tingginya tuntutan akademik pada mahasiswa seringkali menyebabkan timbulnya stress. Stress yang dirasakan secara terus menerus dan bersifat kronis dapat menjadikan terjadinya burnout.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan stress akademik dengan academic burnout pada mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan Universitas Bhakti Kencana.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode korelasional dan design cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah selurh mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan regular sebanyak 816 mahasiswa, dan sampel yang diambil sebanyak 86 mahasiswa dengan cara
pengambilan sampel Non-Probability Sampling dengan teknik Purposive Sampling. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur stress adalah Student-Life Stress Inventory (SSI) dan untuk academic burnout menggunakan Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS). Uji korelasi yang digunakan adalah pearson’s product moment.
Hasil penelitian menunjukan seluruh mahasiswa (100%) berada pada tingkat stress akademik sedang, hampir seluruh mahasiswa (94,2%) berada pada tingkat academic burnout rendah, dan ada hubungan positif dengan kekuatan korelasi sedang antara stress akademik dengan academic burnout pada mahasiswa program studi Sarjana Keperawatan Universitas Bhakti Kencana dengan nilai korelasi pearson 0,458 dan nilai p = 0,000. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan institusi dapat membuat program untuk manajemen stress pada mahasiswa dan pencegahan academic burnout.
Kata Kunci : Academic Burnout, Mahasiswa Keperawatan, Stres Akademik
Daftar Pustaka: 11 Buku (2005 – 2020), 48 Jurnal (2001 – 2020)
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | A Keperawatan > AD Komunitas |
| Divisions: | Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan |
| Depositing User: | S.IIP Rosy Rosytasary |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 23:55 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 01:26 |
| URI: | https://repository.bku.ac.id/id/eprint/2170 |
