Hubungan Adiksi Media Sosial dengan Kecemasan dan Interaksi Sosial pada Siswa di SDN 262 Panyileukan Kota Bandung

Rahayu, Sri (2024) Hubungan Adiksi Media Sosial dengan Kecemasan dan Interaksi Sosial pada Siswa di SDN 262 Panyileukan Kota Bandung. Other thesis, Universitas Bhakti Kencana.

[thumbnail of Cover.png]
Preview
Image
Cover.png - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of Halaman Pengesahan.png]
Preview
Image
Halaman Pengesahan.png - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of Halaman Pengujian.png]
Preview
Image
Halaman Pengujian.png - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of Pernyataan.png]
Preview
Image
Pernyataan.png - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of Kata Pengantar.pdf] Text
Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (418kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (709kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (206kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (362kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf

Download (799kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Published Version

Download (222kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (415kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan media sosial sudah marak di kalangan pelajar, khususnya siswa sekolah dasar. Penggunaan media sosial yang berlebihan dapat menyebabkan adiksi, yang berdampak negatif pada siswa termasuk kecemasan dan interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara adiksi media sosial dengan kecemasan dan interaksi sosial pada siswa di SDN 262 Panyileukan Kota Bandung. Jenis penelitian yaitu kuantitatif dengan pendekatan deskriptif
korelatif dan teknik cross-sectional. Populasi sebanyak 216 siswa kelas 5 dan 6, dengan sampel 140 siswa dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner Internet Addiction Media Test, Screen for Child Anxiety Related Disorders (SCARED), dan interaksi sosial yang telah valid dan reliabel. Analisis data dilakukan menggunakan persentase dan teknik korelasi
Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adiksi media sosial berada dalam kategori adiksi sebesar (88,6%), kecemasan dalam kategori kecemasan (100%), dan interaksi sosial dalam kategori sedang (86,6%). Terdapat hubungan
antara adiksi media sosial dengan kecemasan (p value 0,001), tidak terdapat hubungan antara adiksi media sosial dengan interaksi sosial (p value 0,062). Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan menangani adiksi media sosial dengan menetapkan jam pelajaran bebas gadget, kolaborasi dengan layanan bimbingan konseling dalam mengelola kecemasan dan adiksi media sosial, penyediaan kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan kerja sama dan komunikasi antar siswa, peneliti selanjutnya dapat mengeksplorasi tingkat kecemasan serta spesifik mengenai media sosial yang akan diteliti selanjutnya.

Kata kunci : Adiksi media sosial, Interaksi sosial, Kecemasan, Sekolah dasar
Referensi : 123 Jurnal (2014-2024), 7 Buku (2017-2022), 1 e-Book (2021), 5 Website (2020-2023)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A Keperawatan > AI Jiwa
Divisions: Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Depositing User: S.IIP Rosy Rosytasary
Date Deposited: 10 Sep 2025 04:00
Last Modified: 10 Sep 2025 04:00
URI: https://repository.bku.ac.id/id/eprint/209

Actions (login required)

View Item
View Item