Analisis Hubungan Pelayanan Informasi Obat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Ramahadi Purwakarta

Gymnastiar, Gilang (2024) Analisis Hubungan Pelayanan Informasi Obat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Ramahadi Purwakarta. Other thesis, Universitas Bhakti Kencana.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (62kB)
[thumbnail of Kata Pengantar.pdf] Text
Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (177kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (68kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (123kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (175kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Published Version

Download (43kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (181kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Published Version

Download (566kB)

Abstract

Pelayanan informasi obat membantu pasien memahami obat tentang penggunaan obat untuk mencegah kesalahan pengobatan, Kepuasan pasien akan timbul dari kinerja pelayanan kesehatan yang diperoleh setelah pasien membandingkan dengan yang diharapkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelayanan informasi obat, tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat serta hubungan antara pelayanan informasi obat dan kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Ramahadi Purwakarta. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional menggunakan teknik accidental sampling selama bulan April 2024 pada pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Ramahadi Purwakarta. Pengumpulan data
pelayanan informasi obat dan kepuasan pasien dilakukan menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji statstik Chi-Square untuk melihat hubungan serta analisis univariat untuk melihat gambaran. Hasil penelitian diperoleh gambaran pelayanan informasi obat masuk ke dalam kategori baik sebanyak 85 responden dengan persentase (87,6%) sedangkan kategori tidak baik sebanyak 12 responden
dengan persentase (12,4%) untuk gambaran kepuasan pasien yang masuk ke dalam kategori puas sebanyak 86 responden dengan persentase (88,7%) sedangkan kategori tidak puas sebanyak 11 responden dengan persentase (11,3%). Sebanyak
97 responden terlibat dalam penelitian ini berdasarkan kriteria inklusi dan ekslusi. Hasil analisis uji statistik menunjukan hubungan antara pelayanan informasi obat
terhadap kepuasan pasien. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pelayanan informasi obat terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Ramahadi Purwakarta dengan diperoleh nilai p-value
sebesar 0,000 (p<0,05).

Kata kunci : pelayanan informasi obat, kepuasan pasien, rawat inap.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Farmasi > BC Farmasi Umum Apoteker
Divisions: Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Farmasi > S1 Farmasi
Depositing User: Pustaka Pustaka Pustakawan
Date Deposited: 20 Oct 2025 07:37
Last Modified: 20 Oct 2025 07:37
URI: https://repository.bku.ac.id/id/eprint/1310

Actions (login required)

View Item
View Item