Hubungan Resiliensi dengan Tingkat Stres Akademik pada Siswa SDN Sirahcai dalam Menjalankan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Era Pandemi Covid-19 Gelombang Ke-3

N. Krisnadi, Desi (2022) Hubungan Resiliensi dengan Tingkat Stres Akademik pada Siswa SDN Sirahcai dalam Menjalankan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Era Pandemi Covid-19 Gelombang Ke-3. Other thesis, Universitas Bhakti Kencana.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (25kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf] Text
Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (383kB)
[thumbnail of Lembar Persetujuan.pdf] Text
Lembar Persetujuan.pdf - Published Version

Download (342kB)
[thumbnail of Pernyataan.pdf] Text
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (292kB)
[thumbnail of Kata Pengantar.pdf] Text
Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (289kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (363kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (281kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (315kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (438kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[thumbnail of Bab 6.pdf] Text
Bab 6.pdf - Published Version

Download (171kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (404kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Proses pembelajaran di era pandemi covid-19 gelombang ke-3 dapat menimbulkan stres akademik pada siswa. Dampak dari stres akademik menyebabkan perubahan gejala fisik, psikis, perilaku, dan kognitif, karenanya diperlukan suatu upaya untuk mengatasi stres akademik yaitu dengan membangun
resiliensi akademik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya hubungan resiliensi akademik dengan tingkat stres akademik pada siswa SDN Sirahcai dalam
menjalankan proses pembelajaran tatap muka terbatas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proporsional Stratified Random Sampling dengan populasi 98 siswa didapat jumlah sampel sebanyak 79 siswa yang terdiri dari kelas IV dan V. Penelitian ini
menggunakan instrumen kuesioner resiliensi akademik dan kuesioner stres akademik. Analisa yang digunakan pada penelitian ini menggunakan distribusi frekuensi dan uji kolerasi menggunakan Kendall’s tau-b.Hasil penelitian ini diperoleh nilai p-value = 0,027 < 0,05 sehingga ada hubungan antara resiliensi akademik dengan tingkat stres akademik pada siswa SDN Sirahcai dalam menjalankan pembelajaran tatapmuka terbatas dengan kategori siswa terbanyak berada pada resiliensi akademik sedang dan stres akademik sedang. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan sekolah sebagai
penyedia proses pembelajaran dapat melaksanakan strategi-strategi praktik salah satunya dengan pengoptimalanbimbingan konseling serta metode pembelajaran yang atraktif sehingga mampu menekan stres akademik yang dialami.

Kata Kunci: Resiliensi Akademik, Siswa SD, Stres Akademik
Daftar Pustaka: 17 Buku (2013-2021), 15 Jurnal (2012-2021), 6 Website

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A Keperawatan > AI Jiwa
Divisions: Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Depositing User: S.IIP Rosy Rosytasary
Date Deposited: 15 Oct 2025 10:19
Last Modified: 15 Oct 2025 10:19
URI: https://repository.bku.ac.id/id/eprint/1138

Actions (login required)

View Item
View Item