Kalinasari, Alin (2023) Pengaruh Edukasi Video Interaktif Terhadap Pengetahuan Ibu Balita Stunting Tentang Pemberian Makan di RW 15 Kelurahan Sukamentri Wilayah Kerja Puskesmas Guntur Kabupaten Garut. Other thesis, Universitas Bhakti Kencana.
Cover.pdf - Published Version
Download (207kB)
Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (108kB)
Lembar Persetujuan.pdf - Published Version
Download (400kB)
Pernyataan.pdf - Published Version
Download (114kB)
Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (311kB)
Abstrak.pdf - Published Version
Download (11kB)
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (425kB)
Bab 1.pdf - Published Version
Download (209kB)
Bab 2.pdf - Published Version
Download (403kB)
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (211kB)
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (758kB)
Bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (348kB)
Bab 6.pdf - Published Version
Download (195kB)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (430kB)
Lampiran.pdf - Published Version
Download (3MB)
Abstract
Latar Belakang: Kesehatan anak memegang peranan vital yang harus diperhatikan mulai dari periode prenatal hingga lahir, terutama dalam aspek asupan gizi dan nutrisi. Nutrisi yang adekuat memiliki dampak signifikan pada pertumbuhan tulang, struktur tubuh, serta kekebalan terhadap virus dan penyakit, khususnya dalam konteks masalah gizi pada balita yang berpotensi berkaitan dengan stunting. Stunting, sebagai isu kesehatan, muncul akibat dari kekurangan gizi kronis, mengakibatkan hambatan pertumbuhan pada balita. Tingkat pengetahuan ibu dapat berpengaruh pada perilaku mereka dalam memberikan asupan gizi seimbang kepada anak. Oleh karena itu, diperlukan sarana yang dapat meningkatkan pemahaman ibu mengenai gizi balita, salah satunya melalui pendekatan video edukatif. Maksud Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk
menilai dampak dari video edukatif interaktif terhadap pengetahuan ibu dengan anak penderita stunting mengenai pentingnya penerapan pola makan yang tepat. Metodologi Penelitian: Jenis penelitian yang diterapkan adalah pre-eksperimental dengan pendekatan one group pretest posttest. Sampel yang terlibat dalam penelitian ini mencakup 21 responden, yang dipilih menggunakan metode total sampling, dan menjalani pre-test serta post-test. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden memperlihatkan peningkatan kategori pengetahuan setelah menerima intervensi dari video edukatif interaktif,
dibandingkan dengan sebelumnya. Hal ini diuji dengan Paired-samples T-test dengan nilai p sebesar 0,000 (p<0,05) untuk pre-test dan 0,000 (p<0,05) untuk post-test. Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwa pendekatan edukatif melalui media video interaktif memberikan dampak signifikan terhadap pengetahuan ibu dengan anak penderita stunting tentang pola makan yang sehat. Rekomendasi: Pendidikan dengan pemanfaatan media animasi dapat meningkatkan pemahaman ibu dalam menyajikan tambahan makanan lokal, dan dapat dijadikan sebagai opsi gizi alternatif untuk anak balita yang mengalami stunting.
Kata Kunci : Pengetahuan, pola pemberian makan, stunting, video edukasi.
Daftar Pustaka : 21 Jurnal, 15 Buku, 4 Artikel (2009-2023)
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | A Keperawatan > AF Anak |
| Divisions: | Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan |
| Depositing User: | S.IIP Rosy Rosytasary |
| Date Deposited: | 10 Oct 2025 06:45 |
| Last Modified: | 10 Oct 2025 06:45 |
| URI: | https://repository.bku.ac.id/id/eprint/988 |
