Azril Fahrezi, Mohammad (2023) Gambaran Perilaku Caring Perawat Menurut Persepsi Pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD Majalaya. Other thesis, Universitas Bhakti Kencana.
Cover.pdf - Published Version
Download (18kB)
Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (136kB)
Lembar Persetujuan.pdf - Published Version
Download (157kB)
Pernyataan.pdf - Published Version
Download (228kB)
Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (91kB)
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (66kB)
Abstrak.pdf - Published Version
Download (11kB)
Bab 1.pdf - Published Version
Download (77kB)
Bab 2.pdf - Published Version
Download (179kB)
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (67kB)
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (29kB)
Bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (105kB)
Bab 6.pdf - Published Version
Download (8kB)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (155kB)
Lampiran.pdf - Published Version
Download (4MB)
Abstract
Persepsi pasien terhadap perilaku caring perawat merupakan aspek yang sangat penting dalam pelayanan kesehatan. Perilaku caring perawat mencakup berbagai tindakan dan sikap perawat dalam merawat pasien dengan empati, perhatian,
pengertian, dan kepedulian. Bagaimana pasien mempersepsikan perilaku caring perawat dapat berdampak pada kepuasan pasien, kepatuhan terhadap pengobatan, tingkat kepercayaan terhadap perawat, dan bahkan hasil kesembuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku caring perawat menurut persepsi pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD Majalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah semua pasien Instalasi Gawat Darurat RSUD Majalaya sebanyak 2.670 pasien, pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan didapatkan sampel sejumlah 96 responden. Teknik sampling menggunakan
purposive sampling dan pengumpulan data menggunakankuesioner Gadar Caring Scale (GCS-46), dengan analisa univariat menggunakan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar 68,8% caring perawat pada kategori baik. Perilaku caring yang baik dapat terjadi karena faktor individu salah satunya yaitu pengalaman kerja perawat. Perilaku caring yang baik dapat mempengaruhi
persepsi pasien terhadap kualitas perawatan dan memberikan pengalaman yanglebih positif. Berdasarkan hal tersebut, diharapkan Rumah Sakit dapat mendukung perawat untuk menerapkan perilaku caring yang baik dan perawat diharapkan dapat menjaga dan meningkatkan perilaku caring kepada pasien dengan cara berkomunikasi kepada pasien dan keluarganya secara terbuka, jelas dan empatik.
Kata Kunci : Instalasi Gawat Darurat, Perilaku Caring, Persepsi Pasien.
Referensi : 11 Buku ( 2009-2021), 44 Jurnal (2007-2022), 3 Website (2010-2022)
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | A Keperawatan > AG Manajamen Keperawatan |
| Divisions: | Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan |
| Depositing User: | S.IIP Rosy Rosytasary |
| Date Deposited: | 01 Oct 2025 09:12 |
| Last Modified: | 01 Oct 2025 09:12 |
| URI: | https://repository.bku.ac.id/id/eprint/836 |
