Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Resep di Puskesmas Ibun

Yulianti, Lia (2024) Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Resep di Puskesmas Ibun. Diploma thesis, Universitas Bhakti Kencana.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (183kB)
[thumbnail of Pengesahan.pdf] Text
Pengesahan.pdf - Published Version

Download (270kB)
[thumbnail of Pernyataan.pdf] Text
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (130kB)
[thumbnail of Kata Pengantar.pdf] Text
Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (315kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (527kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (334kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (555kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (675kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Published Version

Download (97kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (291kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Salah satu bentuk layanan farmasi yang diberikan apoteker untuk meningkatkan kepuasan pasien adalah pelayanan resep. Upaya peningkatan mutu pelayanan kefarmasian, khususnya dalam mempercepat waktu tunggu pelayanan resep obat, menjadi salah satu cara penting untuk meningkatkan standar pelayanan kesehatan. Tingkat kepuasan pasien terhadap layanan yang diterima juga menjadi indikator penting dalam menilai kualitas pelayanan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kepuasan pasien terhadap pelayanan resep di Puskesmas Ibun. Metode yang digunakan adalah cross-sectional dengan desain deskriptif observasional. Fokus penelitian mencakup lima aspek pelayanan resep, yaitu: reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangibles. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penilaian kepuasan pasien di Puskesmas Ibun adalah: reliability 90,6%, responsiveness 92,5%, assurance 89,3%, empathy 88,1%, dan tangibles 87,9%. Secara keseluruhan, skor rata-rata dari kelima aspek tersebut mencapai 89,6%. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa pasien di Puskesmas Ibun merasa sangat puas terhadap pelayanan resep yang diberikan.

Kata kunci: Kepuasan Pasien, Pelayanan Resep, Instalasi Farmasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Farmasi > BC Farmasi Umum Apoteker
Divisions: Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Farmasi > D3 Farmasi
Depositing User: Pustaka Pustaka Pustakawan
Date Deposited: 21 Sep 2025 07:06
Last Modified: 21 Sep 2025 07:06
URI: https://repository.bku.ac.id/id/eprint/524

Actions (login required)

View Item
View Item