Novita, Siti (2022) Hubungan Pola Asuh Demokratis dengan Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah di PAUD Al-Basyariah Rancaekek. Other thesis, Universitas Bhakti Kencana.
Cover.pdf - Published Version
Download (110kB)
Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB)
Lembar Persetujuan.pdf - Published Version
Download (1MB)
Pernyataan.pdf - Published Version
Download (106kB)
Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (88kB)
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (137kB)
Abstrak.pdf - Published Version
Download (131kB)
Bab 1.pdf - Published Version
Download (146kB)
Bab 2.pdf - Published Version
Download (289kB)
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (175kB)
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (173kB)
Bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (245kB)
Bab 6.pdf - Published Version
Download (87kB)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (160kB)
Lampiran.pdf - Published Version
Download (3MB)
Abstract
Perkembangan anak dipengaruhi oleh faktor genetik, status kesehatan,lingkungan, kebudayaan, pertemanan dan pola asuh orang tua. Anak dengan keterlambatan perkembangan memiliki dampak pada kesehatan dan pendidikan anak, beberapa perkembangan anak masih kurang atau dibawah normal pada tahap perkembangannya yang dipengaruhi oleh pengetahuan tentang cara berinteraksi dengan anak selama proses pengasuhan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
hubungan pola asuh demokratis dengan perkembangan anak usia prasekolah di PAUDAl-basyariah Rancaekek.Jenis penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasiberjumlah 72 teknik pengambilan sampel yaitu Purposive sampling sesuai dengan kriteria insklusi dan eksklusi sebanyak 35 orang tua yang menerapkan pola asuh demokratis.Instrumen yang digunakan lembar kuesioner pola asuh demokratis dan kuesioner pra skrining perkembangan (KPSP). Analisis yang digunakan univariat dan bivariat dengan uji rank spearman.
Berdasarkan hasil penelitian sebagian besar (65,7%) orang tua menerapkan pola asuh sangat demokratis kepada anaknya, sebagian besar (71,4%) memiliki perkembangan dalam kategori sesuai dalam tahap usia perkembangannya. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara pola asuh demokratis dengan
perkembangan anak usia prasekolah (p-value = 0,002 < 0,05). Sehingga pola asuh demokratis yang diterapkan oleh orang tua memengaruhi terhadap perkembangan anak usia prasekolah. Sebaiknya orang tua mengetahui bahwa pemberian pola asuh
demokratis dapat meningkatkan perkembangan anak sesuai dengan usianya.
Kata Kunci : Anak usia prasekolah, perkembangan anak, pola asuh
Daftar Pustaka : 8 Buku (2010-2021), 36 Jurnal (2010-2021)
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | A Keperawatan > AF Anak |
| Divisions: | Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan |
| Depositing User: | S.IIP Rosy Rosytasary |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 04:20 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 04:20 |
| URI: | https://repository.bku.ac.id/id/eprint/2123 |
