Syaadatul Inayah, Sheila (2022) Metode Pembelajaran JIGSAW Terhadap Psikomotor Menggosok Gigi pada Anak Usia Sekolah di SDN Bojong Emas 01 Kabupaten Bandung. Other thesis, Universitas Bhakti Kencana.
Cover.pdf - Published Version
Download (14kB)
Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (89kB)
Lembar Persetujuan.pdf - Published Version
Download (116kB)
Pernyataan.pdf - Published Version
Download (125kB)
Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (130kB)
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (398kB)
Abstrak.pdf - Published Version
Download (15kB)
Bab 1.pdf - Published Version
Download (161kB)
Bab 2.pdf - Published Version
Download (379kB)
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (294kB)
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (430kB)
Bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (366kB)
Bab 6.pdf - Published Version
Download (12kB)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (245kB)
Lampiran.pdf - Published Version
Download (3MB)
Abstract
Menjaga kesehatan gigi pada anak usia sekolah, sangat penting, melihat bahwa email gigi pada anak usia sekolah masih sangat rentan, dikarenakan email tidak sekuat gigi pada orang dewasa. Peningkatan psikomotor anak dapat dilatih
dalam menggosok gigi. Pembelajaran model jigsaw adalah kegiatan belajar siswa yang dilakukan secara berkelompok dengan tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi metode pembelajaran jigsaw
terhadap psikomotor menggosok gigi pada anak usia sekolah kelas 3 dan 4 di SDN Bojong Emas 01 Kab Bandung. Desain penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan rancangan Pre-eksperimen design yakni menggunakan desain One Group Pretest-Postest with control group. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 52 dan sampel yang digunakan sebanyak 36 responden dengan
menggunakan quota sampling. Analisis dilakukan uji normalitas dengan pengujian wilcoxon dan mann-withney.
Hasil uji statistik didapatkan psikomotor menggosok gigi pada kelompok intervensi sebelum diberikan pembelajaran jigsaw dengan hasil kurang 94,4% dan memiliki peningkatan dengan hasil baik 72,2%, sedangkan pada kelompok kontrol sebelum tidak diberikan pembelajaran jigsaw dengan hasil kurang 100% dan setelah tidak diberikan dengan hasil kurang 72,2%, hasil analisis menggunakan uji statistik untuk melihat pengaruh sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran jigsaw didapatkan p-value 0,000 pada kelompok intervensi dan 0,00 pada kelompok kontrol, hasil analisis denganmenggunakan uji statistik mannwithney dengan nilai p-value 0,003<0,05. Hasil didapatkan terdapat pengaruh metode pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan psikomotor menggosok gigi anak, diharapakan bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan analisis mengnenai intervensi lain yang dapat meningkatkan psikomotor anak dalam menggosok gigi.
Kata Kunci : Menggosok Gigi, Pembelajaran Jigsaw, Psikomotor
Sumber : 9 Buku (2012-2021), 16 Jurnal (2013-2019), 1 Situs (2013)
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | A Keperawatan > AF Anak |
| Divisions: | Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan |
| Depositing User: | S.IIP Rosy Rosytasary |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 04:06 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 04:07 |
| URI: | https://repository.bku.ac.id/id/eprint/2122 |
