Nurhayati, Futri (2021) Pengaruh Penyuluhan Terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa Kelas X Man 1 Bandung dalam Melakukan Aktivitas Fisik. Other thesis, Universitas Bhakti Kencana.
Cover.pdf - Published Version
Download (54kB)
Pengesahan.pdf - Published Version
Download (45kB)
Persetujuan.pdf - Published Version
Download (45kB)
Pernyataan.pdf - Published Version
Download (66kB)
Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (133kB)
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (215kB)
Abstrak.pdf - Published Version
Download (14kB)
Bab 1.pdf - Published Version
Download (152kB)
Bab 2.pdf - Published Version
Download (443kB)
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (408kB)
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (58kB)
Bab 5.pdf - Published Version
Download (14kB)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (264kB)
Lampiran.pdf - Published Version
Download (4MB)
Abstract
Aktivitas fisik yang dilakukan oleh remaja di Indonesia masih sangat minim. Berdasarkan data Riskesdas tahun 2018, sebanyak 274.049 anak usia diatas 15 tahun kurang dalam melakukan aktivitas fisik. Penyebab kurangnya seseorang melakukan aktivitas fisik karena terjadi perubahan kebiasaan hidup masyarakat sedentary, sehingga Penyakit Tidak Menular meningkat. Siswa kelas X MAN 1 Bandung dimasa pandemic menerapkan sistem pembelajaran online sehingga banyak menghabiskan waktu untuk belajar menggunakan handphone atau laptop, serta kegiatan olahraga dilakukan selama 1 kali dalam 1 bulan, hal ini diperburuk dengan kurangnya edukasi kesehatan terutama mengenai aktivitas fisik, sehingga butuh dilakukan penelitian Pengaruh Penyuluhan Terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa Kelas X MAN 1 Bandung dalam Melakukan Aktivitas Fisik. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan dan sikap sebelum serta sesudah diberikan penyuluhan. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan rancangan eksperimen dan desain penelitian Pre Experimental Designs. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 303 siswa dengan jumlah sampel yang diambil secara random sebanyak 170 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Wilcoxon.Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan p value pengetahuan sebelum dan sesudah penyuluhan yaitu
0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak, yang menunjukan ada perbedaan signifikan pengetahuan dan sikap siswa sebelum serta sesudah diberikan penyuluhan mengenai aktivitas fisik.
Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Aktivitas Fisik
Daftar Pustaka : 48 Daftar Pustaka
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | D Kesehatan Masyarakat > DB Promosi Kesehatan |
| Divisions: | Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Kesehatan Masyarakat |
| Depositing User: | Pustaka Pustaka Pustakawan |
| Date Deposited: | 02 Nov 2025 12:00 |
| Last Modified: | 02 Nov 2025 12:00 |
| URI: | https://repository.bku.ac.id/id/eprint/1651 |
