Putri Berliana, Allecia (2022) Hubungan antara Self-Esteem dengan Academic Burnout pada Siswa SMK Kesehatan Bhakti Kencana Jatiwangi. Other thesis, Universitas Bhakti Kencana.
Cover.pdf - Published Version
Download (21kB)
Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (578kB)
Lembar Persetujuan.pdf - Published Version
Download (221kB)
Pernyataan.pdf - Published Version
Download (278kB)
Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (125kB)
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (42kB)
Abstrak.pdf - Published Version
Download (13kB)
Bab 1.pdf - Published Version
Download (154kB)
Bab 2.pdf - Published Version
Download (205kB)
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (186kB)
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (395kB)
Bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (45kB)
Bab 6.pdf - Published Version
Download (9kB)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (134kB)
Lampiran.pdf - Published Version
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berdasarkan fenomena academic burnout yang banyak dialami oleh individu dalam lingkungan akademik. Academic burnout adalah peristiwa psikologis yang dialami oleh individu di lingkungan akademis, dimana individu merasa lelah, apatis dan sinis terhadap kegiatan akademiknya sehingga menyebabkan pencapaian pribadi menurun. Salah satu penyebab academic burnout adalah individu merasa dirinya tidak berharga sehingga tidak percaya diri terhadap kemampuan yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan anatara self-esteem dengan academic burnout pada siswa SMK kesehatan Bhakti kencana Jatiwangi.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode korelasional dan design cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Kesehatan Bhakti Kencana Jatiwangi sebanyak 177, dan sampel yang diambil sebanyak 122 siswa dengan cara pengambilan sampel Proporsional Random Sampling. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur tingkat self-esteem adalah Rosenberg Self-esteem Scale (RSES) dan untuk academic burnout menggunakan Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS). Analisa data menggunakan univariat dan bivariat dengan uji Chi Square.
Hasil penelitian menunjukan sebagian besar siswa (53,3%) berada pada tingkat self-esteem rendah, hampir seluruh siswa (82%) berada pada tingkat academic burnout sedang, hasil uji statistik didapatkan nilai chi-square dengan nilai p-value 0,000< 0.005 maka hipotesa pada penelitian ini adalah terdapat hubungan antara self-esteem dengan academic burnout pada siswa SMK Kesehatan Bhakti Kencana Jatiwangi. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan guru BK dapat mengadakan konseling teman sebaya (peer counseling) untuk meningkatkan self-esteem.
Kata Kunci : academic burnout, self-esteem, siswa
Daftar Pustaka : 10 Buku (2012-2018), 3 Website (2021), 25 Jurnal (2012-2021)
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | A Keperawatan > AD Komunitas |
| Divisions: | Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan |
| Depositing User: | S.IIP Rosy Rosytasary |
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 13:19 |
| Last Modified: | 30 Oct 2025 13:19 |
| URI: | https://repository.bku.ac.id/id/eprint/1555 |
