Indah Lutpiah, Sephia (2024) Pengaruh Pola Komunikasi Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SDN Jeruk Mipis. Other thesis, Universitas Bhakti Kencana.
Cover.pdf - Published Version
Download (20kB)
Halaman Pengesahan.pdf - Published Version
Download (399kB)
Halaman Pengujian.pdf - Published Version
Download (393kB)
Pernyataan.pdf - Published Version
Download (414kB)
Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (245kB)
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (389kB)
Abstrak.pdf - Published Version
Download (187kB)
Bab 1.pdf - Published Version
Download (321kB)
Bab 2.pdf - Published Version
Download (536kB)
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (311kB)
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (829kB)
Bab 5.pdf - Published Version
Download (191kB)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (226kB)
Lampiran.pdf - Published Version
Download (1MB)
Abstract
Jenis komunikasi yang terjadi dalam suatu keluarga dikenal dengan pola komunikasi keluarga. Pola Komunikasi yang efektif dalam keluarga berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak secara positif. Termasuk
motivasi belajar yang merupakan dorongan internal individu yang termanifestasi dalam sikap dan tindakan, mendorong mereka untuk berperilaku dengan tujuan mencapai target yang diinginkan. Berdasarkan hasil observasi dan data yang diperoleh dari pihak sekolah dapat disimpulkan bahwa siswa SDN Jerukmipis dari tahun 2022 ke tahun 2023 terjadi peningkatan. Hal tersebut menjadi alasan peneliti ingin meneliti tentang bagaimana pengaruh pola komunikasi keluarga terhadap motivasi belajar siswa di SDN Jerukmipis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey yang merupakan jenis penelitian yang memfokuskan pada data dari sampel yang mewakili populasi yang lebih besar atau lebih kecil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi keluarga konsensual memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa di SDN Jerukmipis, terutama melalui
jalur penerimaan. Sebaliknya, pola komunikasi keluarga protektif memiliki dampak negatif terhadap motivasi belajar siswa, terutama melalui jalur penerimaan dan penolakan. Sedangkan pola komunikasi keluarga Laissez-Faire memiliki pengaruh negatif terhadap motivasi belajar siswa, baik secara langsung maupun melalui jalur penerimaan.
Kata Kunci: Pola Komunikasi Keluarga, Motivasi Belajar, SDN Jerukmipis
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | F Komunikasi |
| Divisions: | Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Ilmu Sosial > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Pustaka Pustaka Pustakawan |
| Date Deposited: | 02 Sep 2025 07:51 |
| Last Modified: | 02 Sep 2025 07:51 |
| URI: | https://repository.bku.ac.id/id/eprint/78 |
