Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di Depo Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Swasta Kota Bogor

Siswanto, Dwi (2024) Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di Depo Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Swasta Kota Bogor. Diploma thesis, Universitas Bhakti Kencana.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (183kB)
[thumbnail of Pengesahan.pdf] Text
Pengesahan.pdf - Published Version

Download (445kB)
[thumbnail of Pernyataan.pdf] Text
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (477kB)
[thumbnail of Pengantar.pdf] Text
Pengantar.pdf - Published Version

Download (179kB)
[thumbnail of Isi.pdf] Text
Isi.pdf - Published Version

Download (472kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (182kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (305kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (319kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (704kB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Published Version

Download (178kB)
[thumbnail of Pustaka.pdf] Text
Pustaka.pdf - Published Version

Download (399kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna dengan menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat (Permenkes RI No. 3 Tahun 2020 tentang klasifikasi dan perizinan Rumah Sakit). Pelayanan kefarmasian bertujuan untuk mencegah dan menyelesaikan masalah obat serta masalah yang berhubungan dengan kesehatan. Salah satu indikator yang digunakan untuk menganalisis kualitas pelayanan di rumah sakit adalah dengan mengukur tingkat kepuasan pelanggan. Riset ini bertujuan untuk mengetahui kualitas kinerja pelayanan dan tingkat kepuasan pelayanan kefarmasian di Depo Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Swasta Kota Bogor. Rancangan penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan instrumen berupa kuesioner. Populasi pada riset ini adalah seluruh pelanggan yang membawa resep dengan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling sesuai kriteria inklusi, eksklusi, dan kriteria putus. Besar sampel dalam riset ini sebanyak 98 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dimensi kehandalan diperoleh persentase skor 73,2%, pada dimensi daya tanggap diperoleh 78,4%, pada dimensi assurance diperoleh 78,24%, pada dimensi empati diperoleh 82%, dan pada dimensi bukti fisik diperoleh 81,8%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kualitas kinerja pelayanan termasuk dalam kategori puas dan tingkat kepuasan pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit Swasta Kota Bogor menunjukkan kriteria sangat puas dengan persentase indeks rata-rata total kenyataan sebesar 78,7%.

Kata kunci: Kepuasan Pasien, Pelayanan, Rumah Sakit

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Farmasi > BE Farmakologi dan Farmasi Klinik
Divisions: Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Farmasi > D3 Farmasi
Depositing User: Pustaka Pustaka Pustakawan
Date Deposited: 30 Sep 2025 00:54
Last Modified: 30 Sep 2025 00:54
URI: https://repository.bku.ac.id/id/eprint/754

Actions (login required)

View Item
View Item