Anggrayeni, Yuyun (2021) Gambaran Kejenuhan Belajar (Burnout) Mahasiswa Program Studi DIII Keperawatan Universitas Bhakti Kencana Dalam Menghadapi Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi. Diploma thesis, Universitas Bhakti Kencana.
Cover.pdf - Published Version
Download (27kB)
Halaman Persetujuan.pdf - Published Version
Download (268kB)
Halaman Pengesahan.pdf - Published Version
Download (173kB)
Pernyataan.pdf - Published Version
Download (212kB)
Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (131kB)
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (37kB)
Abstrak.pdf - Published Version
Download (13kB)
Bab 1.pdf - Published Version
Download (141kB)
Bab 2.pdf - Published Version
Download (215kB)
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (312kB)
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (346kB)
Bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (160kB)
Bab 6.pdf - Published Version
Download (9kB)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (544kB)
Lampiran.pdf - Published Version
Download (1MB)
Abstract
Latar belakang: Pertengahan Maret 2020, Indonesia menghadapi pandemi Covid- 19 yang berdampak besar diberbagai bidang, salah satu bidang yang terdampak akibat Covid- 19 di Indonesia adalah bidang pendidikan dimana proses belajar mengajar dilakukan dari jarak jauh/pembelajaran daring. Sistem pembelajaran tersebut menyebabkan kejenuhan
dalam belajar. Aspek dari kejenuhan belajar yaitu kelelahan emosi,kelelahan fisik, kelelahan kognitif dan kehilangan motivasi. Tujuan: untuk mengetahui Gambaran Kejenuhan Belajar (Burnout) Mahasiswa Program Studi DIII Keperawatan Dalam Menghadapi Pembelajaran daring Dimasa Pandemi. Metode: Peneliti menggunakan desain penelitian kuantitatif
dengan metode pendekatan deskriptif. Jumlah populasi sebanyak 321 responden dengan menggunakan teknik stratified random sampling berjumlah 92 orang. Alat ukur yang
digunakan untuk penelitian yaitu kuesioner yang berjumlah 30 pernyataan. Pengolahan data menggunakan interval untuk mengetahui nilai tinggi, sedang dan rendah. Hasil: penelitian ini didapatkan sebagian dari responden (41,3%) sebanyak 38 orang memiliki kejenuhan dengan kategori tinggi. Berdasarkan kelelahan emosi (46,7%) 43 orang memiliki kategori sedang, berdasarkan kelelahan fisik (59,8%) 55 orang memiliki kategori rendah, berdasarkan kelelahan kognitif (45,7%) 42 orang memiliki kategori rendah, berdasarkan kehilangan motivasi (83,7%) 77 orang memiliki kategori rendah. Simpulan kejenuhan belajar berdasarkan kelelahan emosi, kelelahan fisik, kelelahan kognitif, dan kehilangan motivasi memiliki kejenuhan dengan kategori tinggi. Disarankan bagi Universitas Bhakti Kencana
bagaimana cara mahasiswa Program Studi DIII Keperawatan mengatasi kejenuhan belajar daring dimasa pandemi.
Kata Kunci : Kejenuhan belajar (burnout), Mahasiswa, Pandemi,Covid-19
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | A Keperawatan > AD Komunitas |
| Divisions: | Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Keperawatan > D3 Keperawatan |
| Depositing User: | Mala Nurmala Pebriani |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 08:32 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 08:32 |
| URI: | https://repository.bku.ac.id/id/eprint/1857 |
