Gambaran Tingkat Kecemasan Mahasiswa Keperawatan Dalam Menghadapi Ujian Skill Lab Di Universitas Bhakti Kencana

Andriyani, Hilda (2021) Gambaran Tingkat Kecemasan Mahasiswa Keperawatan Dalam Menghadapi Ujian Skill Lab Di Universitas Bhakti Kencana. Diploma thesis, Universitas Bhakti Kencana.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (22kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan.pdf] Text
Halaman Pengesahan.pdf - Published Version

Download (114kB)
[thumbnail of Halaman Persetujuan.pdf] Text
Halaman Persetujuan.pdf - Published Version

Download (105kB)
[thumbnail of Pernyataan.pdf] Text
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (246kB)
[thumbnail of Kata Pengantar.pdf] Text
Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (164kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (98kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (168kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (166kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (206kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[thumbnail of Bab 6.pdf] Text
Bab 6.pdf - Published Version

Download (88kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (90kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Published Version

Download (280kB)

Abstract

Prevalensi stres dan gangguan depresi ataupun gangguan kecemasan memiliki angka yang cukup tinggi. Menurut data WHO pada tahun 2015 terdapat sekitar 4,4% populasi dunia atau 322 juta jiwa terkena depresi dan sekitar 3,6% populasi dunia atau 264 juta jiwa terkena kecemasan. Di Indonesia prevalensi terkait gangguan kecemasan menurut hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada tahun 2013 menunjukkan bahwa sebesar 6% untuk usia 15 tahun ke atas atau sekitar 14 juta penduduk di Indonesia mengalami gangguan mental emosional yang ditunjukkan dengan gejala-gejala kecemasan dan depresi (Depkes, 2014). Dalam pendidikan, kecemasan sering di alami mahasiswa da- lam menghadapi ujian.Ujian memiliki peranan penting dan berfungsiuntuk menilai se-
jauh mana siswa memahami materi yang telah diberikan. Pada mahasiswa dengan beban kuliah yang cukup berat contohnya mahasiswa Keperawatan yang dimana ter- dapat metode belajar yang bisa menjadi pemicu kecemasan adalah Skill lab merupakan latihan dari pelayanan kesehatan yang memerlukan penerapan pengetahuan dan ket- erampilan keperawatan profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “ Gambaran Tingkat Kecemasan Mahasiswa Keperawatan Dalam Menghadapi Ujian Skill Lab Di Universitas Bhakti Kencana “. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendektan kuantitatif. Sample yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Bhakti Kencana. Tehnik pengambilan sample yang di gunakan dalam penelitian ini adalah random sampling dengan jumlah sample 56
responden. Instrumen penelitian ini menggunakan kuisoner online. Hasil yang di dapat adalah Mahasiswa mengalami tingkat kecemasan ringan 14 responden (25%), tidak
mengalami gejala kecemasan 5 responden (9%), tingkat kecemasan sedang 30 re- sponden (54%), tingkat kecemasan berat 7 responden (13%), tingkat kecemasan panik
atau berat sekali 0 responden (0%). Dengan demikian mahasiswa keperawatan universitas bhakti kencana mengalami tingkat kecemasan sedang, pada saat
menghadapi ujian skil lab.

Kata Kunci : Mahasiswa, Ujian Skill Lab, Tingkat Kecemasan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A Keperawatan > AI Jiwa
Divisions: Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Keperawatan > D3 Keperawatan
Depositing User: Mala Nurmala Pebriani
Date Deposited: 02 Nov 2025 21:58
Last Modified: 02 Nov 2025 21:58
URI: https://repository.bku.ac.id/id/eprint/1659

Actions (login required)

View Item
View Item