Hubungan Kecanduan Bermain Game Online dengan Perilaku Kekerasan pada Remaja di SMA Negeri 1 Majalaya

-, Delinda (2022) Hubungan Kecanduan Bermain Game Online dengan Perilaku Kekerasan pada Remaja di SMA Negeri 1 Majalaya. Other thesis, Universitas Bhakti Kencana.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (10kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf] Text
Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (35kB)
[thumbnail of Lembar Persetujuan.pdf] Text
Lembar Persetujuan.pdf - Published Version

Download (32kB)
[thumbnail of Pernyataan.pdf] Text
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (81kB)
[thumbnail of Kata Pengantar.pdf] Text
Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (87kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (109kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (111kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (119kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (317kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[thumbnail of Bab 6.pdf] Text
Bab 6.pdf - Published Version

Download (7kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (157kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Published Version

Download (681kB)

Abstract

Berdasarkan fenomena-fenomena dan hasil studi penelitian bahwa banyak pemain game online yang melakukan perilaku kekerasan, biasanya mereka yang melakukan perilaku kekerasan sering bermain game yang bergenre kekerasan dan peperangan, perilaku kekerasan yang sering dilakukan adalah perilaku kekerasan verbal dan non verbal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecanduan bermain game online dengan perilaku kekerasan pada remaja di SMA Negeri 1 Majalaya. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif kolerasional dengan pendekatan cross sectional. Didapatkan sampel 104 responden dengan menggunakan teknik total sampling. menggunakan kuesioner kecanduan game online dari (Lestari, 2018) dan kuesioner perilaku kekerasan dari (Mardta, 2015),alat ukur mengunakan kuesioner Skala Likert.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hampir seluruhnya dari responden kecanduan game online sebanyak 80 responden ( 76.9%) dan perilaku kekerasan sebanyak 94 responden (90.4%) yang artinya hampir seluruhnya melakukan perilaku kekerasan. Analisa bivariat menggunakan uji kolerasi Chi-Square untuk
mengetahui kekuatan kolerasi didapatkan P-value 0,000 < α 0,05 artinya signifikat. Hal ini disebabkan remaja bermain game online >3 jam dan sering melakukan perilaku kekerasan baik secara verbal maupun nonverbal. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat hubungan antara kecanduan bermain game online dengan perilaku kekerasan pada remaja di SMAN 1 Majalaya. Saran bagi sekolah diharapkan guru memberikan kegiatan yang positif sehingga siswa bisa teralihkan
dari bermain game online dan perilaku kekerasan dan lebih fokus belajar.

Kata Kunci : Kecanduan game online, perilaku kekerasan, remaja
Daftar Pustaka : 25 jurnal (Tahun 2012-2020), 5 Buku (Tahun 2017-2019)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A Keperawatan > AD Komunitas
Divisions: Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Depositing User: S.IIP Rosy Rosytasary
Date Deposited: 27 Oct 2025 07:44
Last Modified: 27 Oct 2025 07:44
URI: https://repository.bku.ac.id/id/eprint/1497

Actions (login required)

View Item
View Item