Lisdiani, Novi (2024) Pengaruh Craving Behavior Intervention dengan Perpaduan Ingame (Crabi Pidi) Terhadap Kecanduan Game Online pada Remaja di Desa Sukadana Kabupaten Sumedang. Other thesis, Universitas Bhakti Kencana.
Cover.png - Published Version
Download (81kB) | Preview
Halaman Pengesahan.png - Published Version
Download (104kB) | Preview
Halaman Pengujian.png - Published Version
Download (102kB) | Preview
Pernyataan.png - Published Version
Download (131kB) | Preview
Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (251kB)
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (253kB)
Abstrak.pdf - Published Version
Download (219kB)
Bab 1.pdf - Published Version
Download (230kB)
Bab 2.pdf - Published Version
Download (235kB)
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (241kB)
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (245kB)
Bab 5.pdf - Published Version
Download (226kB)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (218kB)
Lampiran.pdf - Published Version
Download (1MB)
Abstract
Remaja yang mengalami kecenderungan kecanduan game online dalam ketegori berat dan sedang hampir 30%. Craving behavior intervention dengan perpaduan Ingame (CRABI PIDI) yang menjadi salah satu terapi efektif untuk menangani dan mengontrol rasa keinginan atau menurunkan hasrat bermain game online, dan dipadukan dengan ingame yang merupakan sebuah aplikasi yang bertujuan untuk mengatur waktu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh CRABI PIDI terhadap kecanduan game online remaja di Desa Sukadana Kabupaten Sumedang. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pre-eksperimen (Pre-experiment design) pada penelitian ini menggunakan the one group pretest
posttest design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 23 orang dimana metode sampling yang digunakan adalah total sampling dan alat ukur intsrumen GAS (Games Addiction Scale). Hasil penelitian setelah dilakukan penelitian didapatkan bahwa adanya pengaruh craving behavior intervention ingame terhadap game addiction pada remaja
dengan p-value adalah 0,000. Analisa data untuk pre-tes didapatkan hasil bahwa rata-rata tingkat game adiiction remaja adalah 98,48. Sementara untuk pos-tes didapatkan hasil bahwa skor rata-rata menjadi menurun, dengan skor 53,39. Oleh karena itu maka sesuai dengan teori bahwa craving behavior intervention bisa menurunkan tingkat kecanduan dengan menyediakan kebutuhan psikologis
penderita dan penelitian ini dapat dijadikan sebagai intervensi pencegahan untuk mengurangi adiksi game pada remaja.
Kata kunci: Kecanduan game, Intervensi membangun kebiasaan, Remaja
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | A Keperawatan > AD Komunitas |
| Divisions: | Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan |
| Depositing User: | S.IIP Rosy Rosytasary |
| Date Deposited: | 04 Sep 2025 08:45 |
| Last Modified: | 04 Sep 2025 08:45 |
| URI: | https://repository.bku.ac.id/id/eprint/146 |
