Pengaruh Craving Behavior Intervention dengan Perpaduan Ingame (Crabi Pidi) Terhadap Kecanduan Game Online pada Remaja di Desa Sukadana Kabupaten Sumedang

Lisdiani, Novi (2024) Pengaruh Craving Behavior Intervention dengan Perpaduan Ingame (Crabi Pidi) Terhadap Kecanduan Game Online pada Remaja di Desa Sukadana Kabupaten Sumedang. Other thesis, Universitas Bhakti Kencana.

[thumbnail of Cover.png]
Preview
Image
Cover.png - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of Halaman Pengesahan.png]
Preview
Image
Halaman Pengesahan.png - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of Halaman Pengujian.png]
Preview
Image
Halaman Pengujian.png - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of Pernyataan.png]
Preview
Image
Pernyataan.png - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of Kata Pengantar.pdf] Text
Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (251kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (253kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (219kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (230kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (235kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Published Version

Download (226kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (218kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Remaja yang mengalami kecenderungan kecanduan game online dalam ketegori berat dan sedang hampir 30%. Craving behavior intervention dengan perpaduan Ingame (CRABI PIDI) yang menjadi salah satu terapi efektif untuk menangani dan mengontrol rasa keinginan atau menurunkan hasrat bermain game online, dan dipadukan dengan ingame yang merupakan sebuah aplikasi yang bertujuan untuk mengatur waktu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh CRABI PIDI terhadap kecanduan game online remaja di Desa Sukadana Kabupaten Sumedang. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pre-eksperimen (Pre-experiment design) pada penelitian ini menggunakan the one group pretest
posttest design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 23 orang dimana metode sampling yang digunakan adalah total sampling dan alat ukur intsrumen GAS (Games Addiction Scale). Hasil penelitian setelah dilakukan penelitian didapatkan bahwa adanya pengaruh craving behavior intervention ingame terhadap game addiction pada remaja
dengan p-value adalah 0,000. Analisa data untuk pre-tes didapatkan hasil bahwa rata-rata tingkat game adiiction remaja adalah 98,48. Sementara untuk pos-tes didapatkan hasil bahwa skor rata-rata menjadi menurun, dengan skor 53,39. Oleh karena itu maka sesuai dengan teori bahwa craving behavior intervention bisa menurunkan tingkat kecanduan dengan menyediakan kebutuhan psikologis
penderita dan penelitian ini dapat dijadikan sebagai intervensi pencegahan untuk mengurangi adiksi game pada remaja.

Kata kunci: Kecanduan game, Intervensi membangun kebiasaan, Remaja

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A Keperawatan > AD Komunitas
Divisions: Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Depositing User: S.IIP Rosy Rosytasary
Date Deposited: 04 Sep 2025 08:45
Last Modified: 04 Sep 2025 08:45
URI: https://repository.bku.ac.id/id/eprint/146

Actions (login required)

View Item
View Item