Evaluasi Capaian Sasaran Mutu Waktu Tunggu pada Pelayanan Resep Pasien Pulang Rawat Inap di Depo Farmasi Rawat Inap dan Khusus Rumah Sakit Pemerintah Kota Depok

Ardiansyah, Septian (2023) Evaluasi Capaian Sasaran Mutu Waktu Tunggu pada Pelayanan Resep Pasien Pulang Rawat Inap di Depo Farmasi Rawat Inap dan Khusus Rumah Sakit Pemerintah Kota Depok. Diploma thesis, Universitas Bhakti Kencana.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf - Published Version

Download (19kB)
[thumbnail of pengesahan.pdf] Text
pengesahan.pdf - Published Version

Download (43kB)
[thumbnail of pernyataan.pdf] Text
pernyataan.pdf - Published Version

Download (66kB)
[thumbnail of pengantar.pdf] Text
pengantar.pdf - Published Version

Download (61kB)
[thumbnail of isi.pdf] Text
isi.pdf - Published Version

Download (57kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf - Published Version

Download (54kB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf - Published Version

Download (61kB)
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf - Published Version

Download (161kB)
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf - Published Version

Download (57kB)
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[thumbnail of bab 6.pdf] Text
bab 6.pdf - Published Version

Download (53kB)
[thumbnail of pustaka.pdf] Text
pustaka.pdf - Published Version

Download (52kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Pelayanan resep pulang rawat inap adalah serangkaian proses kegiatan yang berkesinambungan mulai dari penerimaan resep hingga obat siap diserahkan kepada pasien. Pelayanan kefarmasian untuk pasien pulang menjadi poin penting dalam capaian sasaran mutu, terutama terkait waktu tunggu dalam menyiapkan obat pulang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi capaian sasaran mutu waktu tunggu pelayanan resep pasien pulang rawat inap, baik resep nonracikan maupun racikan, yang mengacu pada Kepmenkes No. 129 Tahun 2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit pada indikator waktu tunggu pelayanan farmasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengambilan data melalui observasi terhadap pelayanan resep pasien pulang rawat inap pada periode Maret–Mei 2023. Sampel penelitian terdiri dari 264 resep, meliputi 196 resep nonracikan dan 68 resep racikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata waktu tunggu resep nonracikan adalah 24 menit, sedangkan resep racikan 50 menit. Dapat disimpulkan bahwa rata-rata waktu tunggu pelayanan resep pulang di Depo Farmasi Rawat Inap dan Khusus Rumah Sakit Pemerintah Kota Depok telah memenuhi standar pelayanan minimal sesuai Kepmenkes No. 129 Tahun 2008. Persentase kesesuaian waktu tunggu pada resep nonracikan sebesar 72,5% dan pada resep racikan sebesar 60,3%.
Kata kunci: pelayanan resep pulang, sasaran mutu, waktu tunggu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Farmasi > BC Farmasi Umum Apoteker
Divisions: Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Farmasi > D3 Farmasi
Depositing User: Pustaka Pustaka Pustakawan
Date Deposited: 24 Oct 2025 08:20
Last Modified: 24 Oct 2025 08:20
URI: https://repository.bku.ac.id/id/eprint/1446

Actions (login required)

View Item
View Item