Tingkat Kepuasan Pelanggan terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek K-24 Kiaracondong

Anisa, Siti Nur (2024) Tingkat Kepuasan Pelanggan terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek K-24 Kiaracondong. Diploma thesis, Universitas Bhakti Kencana.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (177kB)
[thumbnail of Pengesahan.pdf] Text
Pengesahan.pdf - Published Version

Download (181kB)
[thumbnail of Pernyataan.pdf] Text
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (148kB)
[thumbnail of Pengantar.pdf] Text
Pengantar.pdf - Published Version

Download (176kB)
[thumbnail of Isi.pdf] Text
Isi.pdf - Published Version

Download (261kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (282kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (242kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (272kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Published Version

Download (233kB)
[thumbnail of Pustaka.pdf] Text
Pustaka.pdf - Published Version

Download (241kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Apotek merupakan suatu institusi pelayanan kesehatan yang sangat penting untuk memprioritaskan kepentingan masyarakat dalam memberikan pelayanan. Kepuasan pelanggan merupakan perasaan yang dialami oleh seseorang ketika ia membandingkan kinerja (hasil) yang dirasakan dengan harapannya. Pelayanan kefarmasian tidak hanya mencakup penyiapan dan penyerahan obat kepada pasien, tetapi juga perlu adanya komunikasi serta interaksi dengan pelanggan. Hal ini penting karena sering ditemukan keluhan pelanggan, seperti lambannya pelayanan, kurangnya kecepatan dalam memberikan obat, serta fasilitas yang belum memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek K-24 Kiaracondong yang ditinjau dari lima dimensi, yaitu Sarana Fisik (Tangible), Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), dan Empati (Empathy). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif observasional dengan jumlah responden sebanyak 99 orang. Perhitungan tingkat kepuasan pelanggan dilakukan menggunakan software IBM SPSS 26. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2024 di Apotek K-24 Kiaracondong. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan pelanggan berdasarkan lima dimensi, yaitu: Sarana Fisik (Tangible): kategori sangat puas (91,1%) Kehandalan (Reliability): kategori sangat puas (89,9%) Daya Tanggap (Responsiveness): kategori sangat puas (91,3%) Jaminan (Assurance): kategori sangat puas (92,4%) Empati (Empathy): kategori sangat puas (91,9%) Secara keseluruhan, hasil yang didapatkan dari kelima dimensi menunjukkan kategori sangat puas dengan persentase 91,32%.

Kata kunci: Apotek, Kepuasan, Pelayanan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Farmasi > BC Farmasi Umum Apoteker
Divisions: Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Farmasi > D3 Farmasi
Depositing User: Pustaka Pustaka Pustakawan
Date Deposited: 30 Sep 2025 06:16
Last Modified: 30 Sep 2025 06:16
URI: https://repository.bku.ac.id/id/eprint/769

Actions (login required)

View Item
View Item