Anisa, Siti Nur (2024) Tingkat Kepuasan Pelanggan terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek K-24 Kiaracondong. Diploma thesis, Universitas Bhakti Kencana.
Cover.pdf - Published Version
Download (177kB)
Pengesahan.pdf - Published Version
Download (181kB)
Pernyataan.pdf - Published Version
Download (148kB)
Pengantar.pdf - Published Version
Download (176kB)
Isi.pdf - Published Version
Download (261kB)
Abstrak.pdf - Published Version
Download (282kB)
Bab 1.pdf - Published Version
Download (242kB)
Bab 2.pdf - Published Version
Download (272kB)
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (254kB)
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (408kB)
Bab 5.pdf - Published Version
Download (233kB)
Pustaka.pdf - Published Version
Download (241kB)
Lampiran.pdf - Published Version
Download (1MB)
Abstract
Apotek merupakan suatu institusi pelayanan kesehatan yang sangat penting untuk memprioritaskan kepentingan masyarakat dalam memberikan pelayanan. Kepuasan pelanggan merupakan perasaan yang dialami oleh seseorang ketika ia membandingkan kinerja (hasil) yang dirasakan dengan harapannya. Pelayanan kefarmasian tidak hanya mencakup penyiapan dan penyerahan obat kepada pasien, tetapi juga perlu adanya komunikasi serta interaksi dengan pelanggan. Hal ini penting karena sering ditemukan keluhan pelanggan, seperti lambannya pelayanan, kurangnya kecepatan dalam memberikan obat, serta fasilitas yang belum memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek K-24 Kiaracondong yang ditinjau dari lima dimensi, yaitu Sarana Fisik (Tangible), Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), dan Empati (Empathy). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif observasional dengan jumlah responden sebanyak 99 orang. Perhitungan tingkat kepuasan pelanggan dilakukan menggunakan software IBM SPSS 26. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2024 di Apotek K-24 Kiaracondong. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan pelanggan berdasarkan lima dimensi, yaitu: Sarana Fisik (Tangible): kategori sangat puas (91,1%) Kehandalan (Reliability): kategori sangat puas (89,9%) Daya Tanggap (Responsiveness): kategori sangat puas (91,3%) Jaminan (Assurance): kategori sangat puas (92,4%) Empati (Empathy): kategori sangat puas (91,9%) Secara keseluruhan, hasil yang didapatkan dari kelima dimensi menunjukkan kategori sangat puas dengan persentase 91,32%.
Kata kunci: Apotek, Kepuasan, Pelayanan
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | B Farmasi > BC Farmasi Umum Apoteker |
| Divisions: | Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Farmasi > D3 Farmasi |
| Depositing User: | Pustaka Pustaka Pustakawan |
| Date Deposited: | 30 Sep 2025 06:16 |
| Last Modified: | 30 Sep 2025 06:16 |
| URI: | https://repository.bku.ac.id/id/eprint/769 |
