Restiani Febrianti, Anti (2024) Motif Generasi Zillenial “Sedekah Online” diAplikasi TikTok. Other thesis, Universitas Bhakti Kencana.
![[thumbnail of Cover.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/image.png)
Cover.pdf - Published Version
Download (173kB)
![[thumbnail of Halaman Pengesahan.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/image.png)
Halaman Pengesahan.pdf - Published Version
Download (143kB)
![[thumbnail of Halaman Pengujian.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/image.png)
Halaman Pengujian.pdf - Published Version
Download (139kB)
![[thumbnail of Pernyataan.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/image.png)
Pernyataan.pdf - Published Version
Download (139kB)
![[thumbnail of Kata Pengantar.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (235kB)
![[thumbnail of Daftar Isi.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (263kB)
![[thumbnail of Abstrak.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Abstrak.pdf - Published Version
Download (302kB)
![[thumbnail of Bab 1.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 1.pdf - Published Version
Download (372kB)
![[thumbnail of Bab 2.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 2.pdf - Published Version
Download (250kB)
![[thumbnail of Bab 3.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (814kB)
![[thumbnail of Bab 4.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (337kB)
![[thumbnail of Bab 5.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 5.pdf - Published Version
Download (102kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (231kB)
![[thumbnail of Lampiran.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf - Published Version
Download (0B)
Abstract
Penggunaan media sosial telah menjadi aspek penting di era teknologi digital yang terus berkembang, terutama di kalangan generasi Z yang telah terbiasa tumbuh bersama teknologi. Salah satu platform media sosial ternama yaitu TikTok, kini hadir dengan fitur live streaming yang memungkinkan penggunanya untuk dapat berkomunikasi secara langsung dengan kreator konten. Salah satu jenis konten live streaming yang sedang menjadi trend saat ini adalah konten live streaming berjenis Non Playable Characters (NPC) seperti yang diterapkan oleh kreator konten @threeshester. Di tengah popularitas TikTok live berjenis NPC ini, muncul fenomena menarik dimana sejumlah besar pengguna, terutama generasi Z, secara sukarela memberikan virtual gift kepada kreator konten saat live streaming yang dikenal dengan sebutan “sawer gift” atau peneliti menyebutnya dengan istilah “sedekah online di aplikasi TikTok”. Keunikan atau kelebihan dari adanya fitur virtual gift ini adalah dapat menjadikan live streaming di aplikasi TikTok menjadi memiliki nilai ekonomi karena virtual gift tersebut dapat ditukarkan menjadi uang tunai bagi kreator konten yang mendapatkan virtual gift. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motif yang mendorong generasi Z di Kota Bandung untuk memberikan virtual gift kepada live streaming kreator konten @threeshester. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dikaji berdasarkan teori motif penggunaan media menurut Mc.Quail. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif yang mendorong generasi Z di Kota Bandung bersedia memberikan virtual gift kepada kreator konten @threeshester ini relevan dengan teori motif penggunaan media yang diungkapkan oleh Mc.Quail yaitu, motif informasi, motif identitas pribadi, motif integritas dan interaksi sosial serta motif hiburan. Namun, keempat motif tersebut tidak semuanya dimiliki secara menyeluruh oleh informan. Motif yang paling sering ditemukan adalah motif hiburan, motif interaksi sosial dan motif identitas pribadi.
Kata kunci : Motif, TikTok live, virtual gift, generasi Z
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | F Komunikasi |
Divisions: | Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Ilmu Sosial > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustaka Pustaka Pustakawan |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 06:35 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 06:36 |
URI: | https://repository.bku.ac.id/id/eprint/222 |