Pritama, Julham (2024) Perilaku Caring Perawat di RSUD Majalaya. Other thesis, Universitas Bhakti Kencana.
Cover.png - Published Version
Download (71kB) | Preview
Halaman Pengesahan.png - Published Version
Download (735kB) | Preview
Pernyataan.png - Published Version
Download (176kB) | Preview
Halaman Pengujian.png - Published Version
Download (755kB) | Preview
Abstrak.pdf - Published Version
Download (284kB)
Kata Pengantar.png - Published Version
Download (142kB) | Preview
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (149kB)
Bab 1.pdf - Published Version
Download (204kB)
Bab 2.pdf - Published Version
Download (292kB)
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (297kB)
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (551kB)
Bab 5.pdf - Published Version
Download (88kB)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (228kB)
Lampiran.pdf - Published Version
Download (2MB)
Abstract
Perilaku caring perawat memainkan peran krusial dalam meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan dan kepuasan pasien di RSUD Majalaya. Meskipun penting, hubungan antara
perilaku caring dengan komunikasi keperawatan, kualitas pelayanan, dan beban kerja perawat masih kurang diteliti secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis bagaimana perilaku caring memengaruhi aspek-aspek penting tersebut dalam lingkungan rumah sakit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi, yang melibatkan lima partisipan yang dipilih melalui teknik purposive sampling.
Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif mengenai pengalaman perawat. Teknik analisis tematik digunakan untuk
mengidentifikasi tema-tema kunci dari hasil wawancara. Penelitian ini menemukan bahwa perilaku caring secara signifikan meningkatkan efektivitas komunikasi antara perawat dan pasien, yang pada gilirannya berdampak positif terhadap kualitas pelayanan dan kepuasan pasien. Selain itu, perilaku caring juga ditemukan mempengaruhi beban kerja perawat; perawat yang konsisten dalam perilaku caring cenderung menghadapi tantangan dalam mengelola beban
kerja yang tinggi. Hasil penelitian ini menekankan pentingnya perilaku caring sebagai komponen inti dalam praktik keperawatan. Untuk memaksimalkan dampak positif perilaku caring, diperlukan dukungan organisasi yang kuat dan manajemen beban kerja yang efektif. Rekomendasi untuk intervensi yang mendukung penerapan perilaku caring secara optimal di lingkungan kerja yang penuh tekanan juga disarankan.
Kata kunci : Perilaku caring, komunikasi keperawatan, kualitas pelayanan, beban kerja.
Referensi : 44 Jurnal ( 2014-2024 ), 1 Buku ( 2020 )
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | A Keperawatan > AG Manajamen Keperawatan |
| Divisions: | Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan |
| Depositing User: | S.IIP Rosy Rosytasary |
| Date Deposited: | 27 Aug 2025 02:47 |
| Last Modified: | 27 Aug 2025 02:47 |
| URI: | https://repository.bku.ac.id/id/eprint/15 |
