Hubungan Sensation Seeking dengan Game Addiction pada Remaja Pemain Game Online di SMK Pasundan Jatinangor

Nurhidayah, Shinta (2024) Hubungan Sensation Seeking dengan Game Addiction pada Remaja Pemain Game Online di SMK Pasundan Jatinangor. Other thesis, Universitas Bhakti Kencana.

[thumbnail of Cover.png]
Preview
Image
Cover.png - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of Halaman Pengesahan.png]
Preview
Image
Halaman Pengesahan.png - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of Halaman Pengujian.png]
Preview
Image
Halaman Pengujian.png - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of Pernyataan.png]
Preview
Image
Pernyataan.png - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of Kata Pengantar.pdf] Text
Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (116kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (166kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (133kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (137kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (225kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Published Version

Download (109kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (122kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan pada remaja dengan adanya penggunaan internet terbanyak digunakan untuk bermain game online, dimana dengan bermain game online tersebut jika dimainkan melebihi waktu >4 jam akan dikatakan game addiction, faktor dari hal tersebut akan mengakibatkan sensation seeking untuk mengurangi kebosanan pada pemain. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sensation seeking dengan game addiction pada remaja pemain game online di SMK
Pasundan Jatinangor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi pada penelitian ini yaitu remaja kelas 10 dan kelas 11 di SMK Pasundan Jatinangor sebanyak 425 responden. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan Teknik Purposive Sampling dengan kriteria inklusi dan eksklusi didapatkan sampel sebanyak 202 responden. Sensation seeking diukur dengan Sensation Seeking Scale form V dan tingkat game addiction diukur menggunakan Game Addiction Scale for Adolescent. Analisis penelitian ini univariat menggunakan distribusi frekuensi, dan bivariat menggunakan uji rank spearman (p=<0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 118 responden (58,4%)memiliki tingkat sensation seeking sedang dan 129 responden (63,9%) mengalami tingkat game addiction sedang. Pada hasil uji statistik menunjukkan bahwa adanya hubungan sensation
seeking dengan game addiction pada remaja (p=0,000). Saran pada penelitian ini untuk melaksanakan kelanjutan peneliti mengenai cara menurunkan game addiction terhadap sensation seeking pada aspek boredom susceptibility.

Kata Kunci : Game Addiction, Remaja, Sensation Seeking
Referensi : 9 Buku (2012 – 2021), 46 Jurnal (2014 – 2023), 8 Website (2016 – 2023)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A Keperawatan > AD Komunitas
Divisions: Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Depositing User: S.IIP Rosy Rosytasary
Date Deposited: 04 Sep 2025 01:58
Last Modified: 04 Sep 2025 01:58
URI: https://repository.bku.ac.id/id/eprint/117

Actions (login required)

View Item
View Item