GAMBARAN PENGETAHUAN IBU TENTANG STATUS GIZI PADA ANAK SEKOLAH DASAR
Abstract
Status gizi merupakan keadaan seseorang yang diakibatkan oleh konsumsi makanan, penyerapan, dan penggunaan zat gizi dari makanan dalam jangka waktu yang lama. Masalah kesehatan masyarakat akan dianggap serius apabila prevalensi gizi buruk dan gizi kurang antara 20,0-29,0%, dan dianggap sangat serius apabila prevalensi sangat tinggi yaitu ≥30 persen (WHO 2010). Pada tahun 2013, secara nasional prevalensi gizi buruk dan gizi kurang pada anak sebesar 19,6%, yang berarti masalah gizi berat dan kurang di Indonesia masih merupakan masalah kesehatan masyarakat mendekati prevalensi tinggi. (RISKESDAS, 2013). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu tentang status gizi pada anak sekolah dasar. Desain penelitian ini menggunakan metode Literarure Review. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Populasi 50 jurnal nasional yang sesuai dengan tema dalam bentuk full text. Sampel yang diambil yaitu 3 jurnal nasional. Pengambilan data menggunakan kriteria inklusi dan eklusi. Hasil analisa dari jurnal yang diteliti didapatkan bahwa pengetahuan ibu tentang status gizi pada anak sekolah dasar dikategorikan pengetahuan cukup. Sehingga dapat disimpulkan bahwa masih ada pengetahuan ibu kurangnya informasi yang didapat tentang status gizi pada anak sekolah dasar sehingga dapat mempengaruhi status gizi pada anak.