JULHAM, PRITAMA (2024) PERILAKU CARING PERAWAT DI RSUD MAJALAYA. Other thesis, UNIVERSITAS BHAKTI KENCANA.
![[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PENDAHULUAN.pdf
Download (849kB)
![[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR ISI.pdf
Download (149kB)
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (284kB)
![[thumbnail of BAB 1.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1.pdf
Download (204kB)
![[thumbnail of BAB 2.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 2.pdf
Download (292kB)
![[thumbnail of BAB 5.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 5.pdf
Download (88kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (228kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of TURNITIN.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TURNITIN.pdf
Download (75kB)
Abstract
Perilaku caring perawat memainkan peran krusial dalam meningkatkan kualitas pelayanan
keperawatan dan kepuasan pasien di RSUD Majalaya. Meskipun penting, hubungan antara
perilaku caring dengan komunikasi keperawatan, kualitas pelayanan, dan beban kerja perawat
masih kurang diteliti secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan
menganalisis bagaimana perilaku caring memengaruhi aspek-aspek penting tersebut dalam
lingkungan rumah sakit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
fenomenologi, yang melibatkan lima partisipan yang dipilih melalui teknik purposive sampling.
Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam untuk mendapatkan pemahaman yang
komprehensif mengenai pengalaman perawat. Teknik analisis tematik digunakan untuk
mengidentifikasi tema-tema kunci dari hasil wawancara. Penelitian ini menemukan bahwa
perilaku caring secara signifikan meningkatkan efektivitas komunikasi antara perawat dan
pasien, yang pada gilirannya berdampak positif terhadap kualitas pelayanan dan kepuasan
pasien. Selain itu, perilaku caring juga ditemukan mempengaruhi beban kerja perawat; perawat
yang konsisten dalam perilaku caring cenderung menghadapi tantangan dalam mengelola beban
kerja yang tinggi. Hasil penelitian ini menekankan pentingnya perilaku caring sebagai
komponen inti dalam praktik keperawatan. Untuk memaksimalkan dampak positif perilaku
caring, diperlukan dukungan organisasi yang kuat dan manajemen beban kerja yang efektif.
Rekomendasi untuk intervensi yang mendukung penerapan perilaku caring secara optimal di
lingkungan kerja yang penuh tekanan juga disarankan.
Kata kunci : Perilaku caring, komunikasi keperawatan, kualitas pelayanan, beban kerja.
Referensi
: 44 Jurnal ( 2014-2024 )
: 1 Buku ( 2020 )
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Rosy Rosytasary |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 10:19 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 10:21 |
URI: | https://repository.bku.ac.id/id/eprint/3 |