PERILAKU CARING PERAWAT DI RSUD MAJALAYA

JULHAM, PRITAMA (2024) PERILAKU CARING PERAWAT DI RSUD MAJALAYA. Other thesis, UNIVERSITAS BHAKTI KENCANA.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (849kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of TURNITIN.pdf] Text
TURNITIN.pdf

Download (75kB)

Abstract

Perilaku caring perawat memainkan peran krusial dalam meningkatkan kualitas pelayanan
keperawatan dan kepuasan pasien di RSUD Majalaya. Meskipun penting, hubungan antara
perilaku caring dengan komunikasi keperawatan, kualitas pelayanan, dan beban kerja perawat
masih kurang diteliti secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan
menganalisis bagaimana perilaku caring memengaruhi aspek-aspek penting tersebut dalam
lingkungan rumah sakit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
fenomenologi, yang melibatkan lima partisipan yang dipilih melalui teknik purposive sampling.
Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam untuk mendapatkan pemahaman yang
komprehensif mengenai pengalaman perawat. Teknik analisis tematik digunakan untuk
mengidentifikasi tema-tema kunci dari hasil wawancara. Penelitian ini menemukan bahwa
perilaku caring secara signifikan meningkatkan efektivitas komunikasi antara perawat dan
pasien, yang pada gilirannya berdampak positif terhadap kualitas pelayanan dan kepuasan
pasien. Selain itu, perilaku caring juga ditemukan mempengaruhi beban kerja perawat; perawat
yang konsisten dalam perilaku caring cenderung menghadapi tantangan dalam mengelola beban
kerja yang tinggi. Hasil penelitian ini menekankan pentingnya perilaku caring sebagai
komponen inti dalam praktik keperawatan. Untuk memaksimalkan dampak positif perilaku
caring, diperlukan dukungan organisasi yang kuat dan manajemen beban kerja yang efektif.
Rekomendasi untuk intervensi yang mendukung penerapan perilaku caring secara optimal di
lingkungan kerja yang penuh tekanan juga disarankan.
Kata kunci : Perilaku caring, komunikasi keperawatan, kualitas pelayanan, beban kerja.
Referensi
: 44 Jurnal ( 2014-2024 )
: 1 Buku ( 2020 )

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Rosy Rosytasary
Date Deposited: 24 Jul 2025 10:19
Last Modified: 24 Jul 2025 10:21
URI: https://repository.bku.ac.id/id/eprint/3

Actions (login required)

View Item
View Item