Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Obat Non-Racikan Pasien BPJS di Depo Farmasi Rawat Jalan di Salah Satu Rumah Sakit di Kota Banjar

Hardianti, Hana (2023) Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Obat Non-Racikan Pasien BPJS di Depo Farmasi Rawat Jalan di Salah Satu Rumah Sakit di Kota Banjar. Diploma thesis, Universitas Bhakti Kencana.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf - Published Version

Download (81kB)
[thumbnail of pengesahan.pdf] Text
pengesahan.pdf - Published Version

Download (80kB)
[thumbnail of pernyataan.pdf] Text
pernyataan.pdf - Published Version

Download (154kB)
[thumbnail of pengantar.pdf] Text
pengantar.pdf - Published Version

Download (132kB)
[thumbnail of isi.pdf] Text
isi.pdf - Published Version

Download (139kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf - Published Version

Download (189kB)
[thumbnail of bab1.pdf] Text
bab1.pdf - Published Version

Download (75kB)
[thumbnail of bab2.pdf] Text
bab2.pdf - Published Version

Download (89kB)
[thumbnail of bab3.pdf] Text
bab3.pdf - Published Version

Download (63kB)
[thumbnail of bab4.pdf] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[thumbnail of bab5.pdf] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[thumbnail of bab6.pdf] Text
bab6.pdf - Published Version

Download (62kB)
[thumbnail of pustaka.pdf] Text
pustaka.pdf - Published Version

Download (122kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Pada pelayanan farmasi di rumah sakit, waktu tunggu sangat penting untuk menyelesaikan satu proses pelayanan resep, mulai dari penerimaan resep hingga penyerahan obat. Standar waktu tunggu pelayanan resep yang telah ditentukan dalam Kepmenkes RI No. 129/Menkes/SK/II/2008 menetapkan standar pelayanan minimal kefarmasian obat non-racikan yaitu ≤ 30 menit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lamanya waktu tunggu pelayanan resep BPJS obat non-racikan serta untuk menilai apakah pelayanan resep obat non-racikan pasien BPJS sudah sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal Kepmenkes. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan berupa waktu tunggu resep obat non-racikan pasien BPJS rawat jalan, kemudian dibandingkan dengan lamanya waktu tunggu yang diatur dalam Kepmenkes No. 129/Kepmenkes/SK/II/2008, yaitu bahwa waktu tunggu obat non-racikan tidak lebih dari 30 menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata waktu tunggu pelayanan resep obat non-racikan pasien BPJS adalah 26 menit. Tahap dengan waktu tunggu paling lama adalah pengisian obat selama 10 menit, sedangkan tahap tercepat adalah penerimaan resep/no. antrian dan telaah resep selama 1 menit. Persentase waktu tunggu pelayanan resep obat non-racikan pasien BPJS di depo farmasi rawat jalan yang memenuhi standar pelayanan minimal rumah sakit sebesar 92,70%, sedangkan resep yang tidak memenuhi standar sebesar 7,30%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa waktu tunggu pelayanan resep obat non-racikan sudah sesuai dengan Kepmenkes RI No. 129/Menkes/SK/II/2008.
Kata kunci: obat non-racikan, depo farmasi rawat jalan, waktu tunggu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Farmasi > BE Farmakologi dan Farmasi Klinik
Divisions: Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Farmasi > D3 Farmasi
Depositing User: Pustaka Pustaka Pustakawan
Date Deposited: 09 Dec 2025 09:38
Last Modified: 09 Dec 2025 09:38
URI: https://repository.bku.ac.id/id/eprint/2327

Actions (login required)

View Item
View Item