Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan terhadap Pelayanan Farmasi di BLUD RSU Kota Banjar Bulan Juni 2023

Kamandanu, Aryanto (2023) Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan terhadap Pelayanan Farmasi di BLUD RSU Kota Banjar Bulan Juni 2023. Diploma thesis, Universitas Bhakti Kencana.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf - Published Version

Download (211kB)
[thumbnail of pengesahan.pdf] Text
pengesahan.pdf - Published Version

Download (278kB)
[thumbnail of pernyataan.pdf] Text
pernyataan.pdf - Published Version

Download (276kB)
[thumbnail of pengantar.pdf] Text
pengantar.pdf - Published Version

Download (419kB)
[thumbnail of isi.pdf] Text
isi.pdf - Published Version

Download (496kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf - Published Version

Download (197kB)
[thumbnail of bab1.pdf] Text
bab1.pdf - Published Version

Download (318kB)
[thumbnail of bab2.pdf] Text
bab2.pdf - Published Version

Download (344kB)
[thumbnail of bab3.pdf] Text
bab3.pdf - Published Version

Download (195kB)
[thumbnail of bab4.pdf] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[thumbnail of bab5.pdf] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)
[thumbnail of bab6.pdf] Text
bab6.pdf - Published Version

Download (344kB)
[thumbnail of pustaka.pdf] Text
pustaka.pdf - Published Version

Download (458kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Kepuasan konsumen adalah tanggapan pelanggan atau pengguna jasa terhadap setiap pelayanan yang diberikan. Pasien merupakan konsumen yang mendapatkan pelayanan di rumah sakit sehingga menjadi tolak ukur untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit atau instalasi farmasi rumah sakit. Dalam Kepmenkes No. 129/Menkes/SK/II/2008 mengenai Standar Pelayanan Minimal (SPM) Rumah Sakit, disebutkan bahwa standar pelayanan minimal kefarmasian untuk kepuasan pelanggan adalah >80%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi BLUD RSU Kota Banjar. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penilaian kepuasan pasien dilakukan dengan mengambil data melalui kuesioner sebanyak 100 responden. Analisis data dilakukan dengan scoring dan tabulating. Penelitian dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada responden, baik pasien maupun keluarga pasien. Kuesioner berisi 19 pertanyaan mengenai tingkat kepuasan responden terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi BLUD RSU Kota Banjar. Hasil penelitian dari lima dimensi tingkat kepuasan menunjukkan bahwa pada dimensi bukti langsung (tangible) sebesar 76% berada dalam kategori puas, empati (empathy) 61% puas, keandalan (reliability) 73% puas, ketanggapan (responsiveness) 79% puas, dan jaminan (assurance) 76% puas. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa rata-rata tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi BLUD RSU Kota Banjar adalah 73%, termasuk dalam kategori puas.
Kata kunci: kepuasan, pasien, pelayanan kefarmasian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Farmasi > BC Farmasi Umum Apoteker
Divisions: Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Farmasi > D3 Farmasi
Depositing User: Pustaka Pustaka Pustakawan
Date Deposited: 08 Dec 2025 14:23
Last Modified: 08 Dec 2025 14:23
URI: https://repository.bku.ac.id/id/eprint/2292

Actions (login required)

View Item
View Item