Kamandanu, Aryanto (2023) Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan terhadap Pelayanan Farmasi di BLUD RSU Kota Banjar Bulan Juni 2023. Diploma thesis, Universitas Bhakti Kencana.
cover.pdf - Published Version
Download (211kB)
pengesahan.pdf - Published Version
Download (278kB)
pernyataan.pdf - Published Version
Download (276kB)
pengantar.pdf - Published Version
Download (419kB)
isi.pdf - Published Version
Download (496kB)
abstrak.pdf - Published Version
Download (197kB)
bab1.pdf - Published Version
Download (318kB)
bab2.pdf - Published Version
Download (344kB)
bab3.pdf - Published Version
Download (195kB)
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (493kB)
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (754kB)
bab6.pdf - Published Version
Download (344kB)
pustaka.pdf - Published Version
Download (458kB)
lampiran.pdf - Published Version
Download (1MB)
Abstract
Kepuasan konsumen adalah tanggapan pelanggan atau pengguna jasa terhadap setiap pelayanan yang diberikan. Pasien merupakan konsumen yang mendapatkan pelayanan di rumah sakit sehingga menjadi tolak ukur untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit atau instalasi farmasi rumah sakit. Dalam Kepmenkes No. 129/Menkes/SK/II/2008 mengenai Standar Pelayanan Minimal (SPM) Rumah Sakit, disebutkan bahwa standar pelayanan minimal kefarmasian untuk kepuasan pelanggan adalah >80%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi BLUD RSU Kota Banjar. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penilaian kepuasan pasien dilakukan dengan mengambil data melalui kuesioner sebanyak 100 responden. Analisis data dilakukan dengan scoring dan tabulating. Penelitian dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada responden, baik pasien maupun keluarga pasien. Kuesioner berisi 19 pertanyaan mengenai tingkat kepuasan responden terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi BLUD RSU Kota Banjar. Hasil penelitian dari lima dimensi tingkat kepuasan menunjukkan bahwa pada dimensi bukti langsung (tangible) sebesar 76% berada dalam kategori puas, empati (empathy) 61% puas, keandalan (reliability) 73% puas, ketanggapan (responsiveness) 79% puas, dan jaminan (assurance) 76% puas. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa rata-rata tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi BLUD RSU Kota Banjar adalah 73%, termasuk dalam kategori puas.
Kata kunci: kepuasan, pasien, pelayanan kefarmasian.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | B Farmasi > BC Farmasi Umum Apoteker |
| Divisions: | Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Farmasi > D3 Farmasi |
| Depositing User: | Pustaka Pustaka Pustakawan |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 14:23 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 14:23 |
| URI: | https://repository.bku.ac.id/id/eprint/2292 |
