Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Obat Racikan Pasien BPJS Depo Farmasi Rawat Jalan Salah Satu Rumah Sakit di Kota Banjar

Solihah, Ai (2023) Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Obat Racikan Pasien BPJS Depo Farmasi Rawat Jalan Salah Satu Rumah Sakit di Kota Banjar. Diploma thesis, Universitas Bhakti Kencana.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf - Published Version

Download (37kB)
[thumbnail of pengesahan.pdf] Text
pengesahan.pdf - Published Version

Download (25kB)
[thumbnail of pernyataan.pdf] Text
pernyataan.pdf - Published Version

Download (60kB)
[thumbnail of pengantar.pdf] Text
pengantar.pdf - Published Version

Download (53kB)
[thumbnail of isi.pdf] Text
isi.pdf - Published Version

Download (26kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf - Published Version

Download (20kB)
[thumbnail of bab1.pdf] Text
bab1.pdf - Published Version

Download (52kB)
[thumbnail of bab2.pdf] Text
bab2.pdf - Published Version

Download (65kB)
[thumbnail of bab3.pdf] Text
bab3.pdf - Published Version

Download (50kB)
[thumbnail of bab4.pdf] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[thumbnail of bab5.pdf] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[thumbnail of bab6.pdf] Text
bab6.pdf - Published Version

Download (16kB)
[thumbnail of pustaka.pdf] Text
pustaka.pdf - Published Version

Download (40kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf - Published Version

Download (613kB)

Abstract

Waktu tunggu pelayanan resep di rumah sakit harus memenuhi standar pelayanan minimal (SPM). Di salah satu rumah sakit di Kota Banjar pada bulan April 2023 rata-rata waktu tunggu mencapai 69,9%. Hal ini terjadi karena beberapa faktor yang mempengaruhi pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi waktu tunggu pelayanan resep obat racikan pasien BPJS depo farmasi rawat jalan salah satu rumah sakit di Kota Banjar. Jenis penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua resep obat racikan pasien BPJS di depo farmasi rawat jalan. Sampel ditentukan menggunakan teknik random sample. Data diolah menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa waktu tunggu pelayanan resep dikatakan standar 69,9% dan tidak standar 30,1%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah rata-rata waktu tunggu pelayanan resep pasien rawat jalan di instalasi farmasi salah satu rumah sakit di Kota Banjar memenuhi standar pelayanan minimal yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan.
Kata kunci: kepuasan pasien, pasien rawat jalan, resep racikan, resep pasien BPJS, waktu tunggu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Farmasi > BE Farmakologi dan Farmasi Klinik
Divisions: Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Farmasi > D3 Farmasi
Depositing User: Pustaka Pustaka Pustakawan
Date Deposited: 08 Dec 2025 13:48
Last Modified: 08 Dec 2025 13:48
URI: https://repository.bku.ac.id/id/eprint/2289

Actions (login required)

View Item
View Item