Bulqis Azizah, Wafiq (2025) Hubungan Pelaksanaan Pelayanan Perioperatif Dengan Kepuasan Pasien Spinal Anestesi di RSUD Kota Bandung. Other thesis, Universitas Bhakti Kencana.
Cover.pdf - Published Version
Download (177kB)
Halaman Pengesahan.pdf - Published Version
Download (390kB)
Halaman Pengujian.pdf - Published Version
Download (334kB)
Pernyataan.pdf - Published Version
Download (363kB)
Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (147kB)
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (242kB)
Abstrak.pdf - Published Version
Download (162kB)
Bab 1.pdf - Published Version
Download (170kB)
Bab 2.pdf - Published Version
Download (491kB)
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (392kB)
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (374kB)
Bab 5.pdf - Published Version
Download (124kB)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (140kB)
Pernyataan.pdf
Download (363kB)
Abstract
Pelayanan perioperatif terdiri atas fase praoperatif, intraoperatif, dan pascaoperatif memiliki kontribusi terhadap kepuasan pasien selama menjalani tindakan pembedahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pelaksanaan pelayanan perioperatif dengan tingkat kepuasan pasien yang menjalani anestesi spinal di RSUD Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif analitik dan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian berjumlah 72 pasien yang menjalani anestesi spinal dan dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner pelayanan perioperatif yang mengacu pada Surgical Safety Checklist , serta kuesioner kepuasan pasien berdasarkan lima dimensi SERVQUAL dan melalui uji validitas, reliabilitas, serta penilaian oleh ahli (expert judgement). Penelitian ini juga telah memperoleh persetujuan etik dari Komite Etik Penelitian Universitas Bhakti Kencana dengan nomor: 028/09.KEPK/UBK/III/2025. Hasil penelitian menunjukkan hampir seluruh 81,9% pasien merasa puas terhadap pelayanan perioperatif secara keseluruhan, sementara hampir seluruh 86,1% pasien menyatakan puas terhadap pelayanan yang diterima. Uji normalitas data menunjukkan distribusi non-parametrik, dengan menggunakan uji Spearman Rank. Hasil uji menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,238, yang mengindikasikan hubungan positif meskipun lemah antara pelayanan perioperatif dan kepuasan pasien. Hal ini menunjukkan bahwa ada faktor-faktor lain, seperti aksesibilitas layanan, harapan pasien, serta dukungan keluarga dan pendamping, turut mempengaruhi kepuasan pasien. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar rumah sakit meningkatkan kualitas pelayanan perioperatif, terutama dalam hal komunikasi, edukasi, dan kenyamanan pasien yang menjalani anestesi spinal, untuk memastikan peningkatan kepuasan pasien secara berkelanjutan.
Kata Kunci: Kepuasan pasien, Pelayanan perioperatif, SERQUAL, Spinal Anestesi.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | E Anestesiologi |
| Divisions: | Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Ilmu Kesehatan > D4 Anestesiologi |
| Depositing User: | Pustaka Pustaka Pustakawan |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 07:34 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 07:34 |
| URI: | https://repository.bku.ac.id/id/eprint/2277 |
