Nur Maulida, Ghina (2020) Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Anak Periode Preschool (Literature Review). Other thesis, Universitas Bhakti Kencana.
cover.pdf - Published Version
Download (207kB)
lembar persetujuan.pdf - Published Version
Download (272kB)
lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (274kB)
pernyataan.pdf - Published Version
Download (268kB)
abstrak.pdf - Published Version
Download (321kB)
kata pengantar.pdf - Published Version
Download (323kB)
daftar isi.pdf - Published Version
Download (205kB)
bab 1.pdf - Published Version
Download (330kB)
bab 2.pdf - Published Version
Download (362kB)
bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (334kB)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (457kB)
bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (201kB)
daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (208kB)
lampiran.pdf - Published Version
Download (597kB)
Abstract
Anak usia prasekolah (3-6 tahun) mengalami proses perkembangan pada beberapa aspek, yaitu aspek kognitif, motorik, bahasa, sosial dan emosional.
Penggunaan gadget pada anak usia prasekolah berawal dari motivasi orang tua yang beranggapan bahwa pemberian gadget dapat memenuhi kebutuhan anaknya. Penggunaan gadget yang relatif lama >60 menit akan menimbulkan dampak negatif pada perkembangan anak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan hubungan intensitas penggunaan gadget dengan perkembangan anak periode preschool. Metode yang digunakan adalah metode systematic literature review. Pencarian jurnal menggunakan database google scholar, pubmed, dan portal garuda dengan kata kunci “gadget, perkembangan anak, prasekolah”. Jumlah populasi mencapai 412 jurnal, namun hanya 11 jurnal internasional dan nasional yang dijadikan sampel karena sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi.
Instrumen yang digunakan yaitu instrumen JBI (Joanna Briggs institute). Hasil penelitian berdasarkan jurnal yang ditelaah, terdapat 11 jurnal yang menyatakan bahwa ada hubungan antara intesitas penggunaan gadget dengan aspek-aspek perkembangan anak periode prechool, sehingga dapat disimpulkan bahwa ntensitas penggunaan gadget memiliki hubungan dengan perkembangan anak periode preschool. Berdasarkan hasil penelitian, literature review ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan pertimbangan bagi petugas kesehatan mengenai faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan anak
salah satunya intensitas penggunaan gadget.
Kata Kunci : Gadget, Perkembangan Anak, Prasekolah.
Referensi : 12 Buku (2010-2020), 23 Jurnal (2010-2020), 4 Website (2010-2020)
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | A Keperawatan > AF Anak |
| Divisions: | Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan |
| Depositing User: | S.IIP Rosy Rosytasary |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 08:48 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 01:12 |
| URI: | https://repository.bku.ac.id/id/eprint/2134 |
