Pengaruh Hipnoterapi terhadap Tingkat Stres Akademik pada Mahasiswa: Literature Review

Nurrul Hasanah, Elih (2020) Pengaruh Hipnoterapi terhadap Tingkat Stres Akademik pada Mahasiswa: Literature Review. Other thesis, Universitas Bhakti Kencana.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf - Published Version

Download (189kB)
[thumbnail of lembar persetujuan.pdf] Text
lembar persetujuan.pdf - Published Version

Download (322kB)
[thumbnail of lembar pengesahan.pdf] Text
lembar pengesahan.pdf - Published Version

Download (352kB)
[thumbnail of pernyataan.pdf] Text
pernyataan.pdf - Published Version

Download (332kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf - Published Version

Download (193kB)
[thumbnail of kata pengantar.pdf] Text
kata pengantar.pdf - Published Version

Download (303kB)
[thumbnail of daftar isi.pdf] Text
daftar isi.pdf - Published Version

Download (211kB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf - Published Version

Download (323kB)
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf - Published Version

Download (441kB)
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf - Published Version

Download (492kB)
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (378kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran yang efektif penting untuk pendidikan dan merupakan langkah pertama menuju pengembangan siswa. Tuntutan akademik yang harus dijalani akan menjadi faktor pemicu timbulnya masalah yang dihadapi siswa dan masalah akademik yang berkaitan dengan stres belajar hingga pada akhirnya akan mempengaruhi siswa tersebut. Ketika terjadi ketidaksesuaian antara tuntutan dan kemampuan dalam menghadapinya akan menimbulkan masalah seperti stres, dan stres akademik merupakan masalah yang sering terjadi di lingkungan pendidikan. Hipnoterapi merupakan terapi yang dapat mengatasi stres belajar, meningkatkan motivasi belajar, memperbaiki kebiasaan buruk dan juga dapat memperkuat daya ingat. Tujuan dari penelitian literature review ini adalah untuk menganalisa jurnal-jurnal penelitian terkait dan memiliki topik yang sama yaitu mengenai pengaruh hipnoterapi terhadap tingkat stres akademik pada mahasiswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review dengan sampel penelitian berjumlah 6 jurnal yaitu 1 jurnal nasional dan 5 jurnal internasional yang terindeks Sinta/Scopus, teknik pengumpulan sampel yaitu purposive sampling. Evaluasi kelayakan data atau literature review menggunakan Joanna Briggs Institute (JBI) Critical Appraisal Checklist for QuasiExperimental Studies.
Hasil analisis keenam jurnal menunjukan ada pengaruh hipnoterapi terhadap tingkat stres akademik pada mahasiswa yang dibuktikan dengan temuan hasil jurnal pertama yang menunjukkan nilai Z adalah -1,604, yang jatuh pada probabilitas 0,109 (p<0,25). Hasil jurnal kedua menunjukkan skor stres VAS menurun setelah self-hypnosis (p<0,0001). Sedangkan hasil jurnal ketiga menunjukkan dengan pengujian pertama dan kedua secara marginal yaitu (p=0.05) antara pengujian pertama dan ketiga. Jurnal keempat menunjukkan hipnosis secara signifikan dapat menurunkan stres belajar mahasiswa, yang dibuktikan dengan hasil uji statistik paired sample t-test (t=17.198, p=0.000) dan juga secara signifikan dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dengan hasil (t=10.345, p=0.000). Jurnal kelima menunjukkan hasil dari ANOVA satu arah yang dilakukan dan menunjukkan bahwa (p=0,05). Pada jurnal keenam menunjukkan rata-rata intensitas stres yang dirasakan dengan menggunakan VAS dalam 7 hari terakhir berkurang dari 75,5 mm (SD=11,5) pada awal menjadi 33,9 mm (18,8) setelah 5 minggu dengan (p<0.001).
Berdasarkan penelitian ini hipnoterapi efektif menurunkan tingkat stres dan diharapkan dapat memberi masukan kepada institusi pendidikan, dan penelitian yang lain sehingga dapat mengatasi stres pada mahasiswa dengan hipnoterapi.

Kata kunci: hipnosis, hipnoterapi, mahasiswa, stres, stres akademik

Daftar pustaka: 14 buku (2010-2020), 5 website (2015-2020), 16 jurnal (2010-2020)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A Keperawatan > AI Jiwa
Divisions: Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Depositing User: S.IIP Rosy Rosytasary
Date Deposited: 02 Dec 2025 07:27
Last Modified: 04 Dec 2025 01:06
URI: https://repository.bku.ac.id/id/eprint/2127

Actions (login required)

View Item
View Item