Nurrul Hasanah, Elih (2020) Pengaruh Hipnoterapi terhadap Tingkat Stres Akademik pada Mahasiswa: Literature Review. Other thesis, Universitas Bhakti Kencana.
cover.pdf - Published Version
Download (189kB)
lembar persetujuan.pdf - Published Version
Download (322kB)
lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (352kB)
pernyataan.pdf - Published Version
Download (332kB)
abstrak.pdf - Published Version
Download (193kB)
kata pengantar.pdf - Published Version
Download (303kB)
daftar isi.pdf - Published Version
Download (211kB)
bab 1.pdf - Published Version
Download (323kB)
bab 2.pdf - Published Version
Download (441kB)
bab 3.pdf - Published Version
Download (492kB)
bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (492kB)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (523kB)
bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (191kB)
daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (378kB)
lampiran.pdf - Published Version
Download (3MB)
Abstract
Pembelajaran yang efektif penting untuk pendidikan dan merupakan langkah pertama menuju pengembangan siswa. Tuntutan akademik yang harus dijalani akan menjadi faktor pemicu timbulnya masalah yang dihadapi siswa dan masalah akademik yang berkaitan dengan stres belajar hingga pada akhirnya akan mempengaruhi siswa tersebut. Ketika terjadi ketidaksesuaian antara tuntutan dan kemampuan dalam menghadapinya akan menimbulkan masalah seperti stres, dan stres akademik merupakan masalah yang sering terjadi di lingkungan pendidikan. Hipnoterapi merupakan terapi yang dapat mengatasi stres belajar, meningkatkan motivasi belajar, memperbaiki kebiasaan buruk dan juga dapat memperkuat daya ingat. Tujuan dari penelitian literature review ini adalah untuk menganalisa jurnal-jurnal penelitian terkait dan memiliki topik yang sama yaitu mengenai pengaruh hipnoterapi terhadap tingkat stres akademik pada mahasiswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review dengan sampel penelitian berjumlah 6 jurnal yaitu 1 jurnal nasional dan 5 jurnal internasional yang terindeks Sinta/Scopus, teknik pengumpulan sampel yaitu purposive sampling. Evaluasi kelayakan data atau literature review menggunakan Joanna Briggs Institute (JBI) Critical Appraisal Checklist for QuasiExperimental Studies.
Hasil analisis keenam jurnal menunjukan ada pengaruh hipnoterapi terhadap tingkat stres akademik pada mahasiswa yang dibuktikan dengan temuan hasil jurnal pertama yang menunjukkan nilai Z adalah -1,604, yang jatuh pada probabilitas 0,109 (p<0,25). Hasil jurnal kedua menunjukkan skor stres VAS menurun setelah self-hypnosis (p<0,0001). Sedangkan hasil jurnal ketiga menunjukkan dengan pengujian pertama dan kedua secara marginal yaitu (p=0.05) antara pengujian pertama dan ketiga. Jurnal keempat menunjukkan hipnosis secara signifikan dapat menurunkan stres belajar mahasiswa, yang dibuktikan dengan hasil uji statistik paired sample t-test (t=17.198, p=0.000) dan juga secara signifikan dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dengan hasil (t=10.345, p=0.000). Jurnal kelima menunjukkan hasil dari ANOVA satu arah yang dilakukan dan menunjukkan bahwa (p=0,05). Pada jurnal keenam menunjukkan rata-rata intensitas stres yang dirasakan dengan menggunakan VAS dalam 7 hari terakhir berkurang dari 75,5 mm (SD=11,5) pada awal menjadi 33,9 mm (18,8) setelah 5 minggu dengan (p<0.001).
Berdasarkan penelitian ini hipnoterapi efektif menurunkan tingkat stres dan diharapkan dapat memberi masukan kepada institusi pendidikan, dan penelitian yang lain sehingga dapat mengatasi stres pada mahasiswa dengan hipnoterapi.
Kata kunci: hipnosis, hipnoterapi, mahasiswa, stres, stres akademik
Daftar pustaka: 14 buku (2010-2020), 5 website (2015-2020), 16 jurnal (2010-2020)
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | A Keperawatan > AI Jiwa |
| Divisions: | Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan |
| Depositing User: | S.IIP Rosy Rosytasary |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 07:27 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 01:06 |
| URI: | https://repository.bku.ac.id/id/eprint/2127 |
