Nofianti Dewi, Sucia (2022) Pengaruh Teknik Pernapasan 4-7-8 Terhadap Stres Akademik Saat Pembelajaran pada Siswa SMP PGRI Ciruluk Kabupaten Subang. Other thesis, Universitas Bhakti Kencana.
Cover.pdf - Published Version
Download (180kB)
Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (181kB)
Pernyataan.pdf
Download (197kB)
Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (292kB)
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (276kB)
Abstrak.pdf - Published Version
Download (175kB)
Bab 1.pdf - Published Version
Download (315kB)
Bab 2.pdf - Published Version
Download (360kB)
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (333kB)
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (452kB)
Bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (348kB)
Bab 6.pdf - Published Version
Download (292kB)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (398kB)
Lampiran.pdf - Published Version
Download (2MB)
Abstract
Pada masa transisi pandemi ke endemi siswa mengalami masalah
akademik, yaitu stres akademik. Stres akademik merupakan keadaan siswa tidak dapat menghadapi tuntutanakademik.Teknik yang dapat digunakan untuk mengatasi stres akademik yaitu teknik pernapasan 4-7-8 dengan menarik napas selama 4 hitungan, menahan napas selama 7 hitungan dan menghembuskan napas selama 8 hitungan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh teknik pernapasan 4-7-8 terhadap stres akademik saat pembelajaran pada siswa SMP PGRI Ciruluk Kabupaten Subang. Metode penelitian menggunakan eksperimen dengan pendekatan pre posttest with control group. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 28 terdiri dari 13 sampel untuk
kelompok intervensi dan 15 sampel untuk kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah Student-Life Stress Inventory (SSI). Intervensi dilakukan selama ± 3-5 menit sebanyak 4 siklus dilakukan 2x/hari selama 4 hari berturut-turut. Analisis yang digunakan adalah Paired t-test dan Wilcoxon. Hasil analisis bivariat pada kelompok intervensi mendapatkan nilai 0,000 yang berarti terdapat pengaruh pemberian teknik pernapasan 4-7-8 terhadap stres akademik. Teknik pernapasan 4-7-8 dapat meningkatkan gamma-aminobutyric acid yang merupakan neurotransmitter penghambat yang mengurangi kortisol, adrenalin kemudian mengurangi denyut jantung, respirasi dan kerja pernapasan dengan mengendurkan otot-otot pernapasan yang tegang sehingga mencapai keadaan rileks dan mengurangi stres. Kesimpulan didapatkan bahwa teknik pernapasan 4-7-8 berpengaruh terhadap penurunan skor stres akademik pada kelompok intervensi. Diharapkan kepada pihak sekolah dapat menerapkan teknik pernapasan 4-7-8 bagi peserta didik untuk mengurangi skor stres akademik.
Kata Kunci : Stres Akademik, Teknik Pernapasan 4-7-8, Pembelajaran
Daftar Pustaka : 10 Buku (2012-2021), 15 Jurnal (2005-2021), 6 Website (2020-2022)
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | A Keperawatan > AI Jiwa |
| Divisions: | Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan |
| Depositing User: | S.IIP Rosy Rosytasary |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 03:38 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 03:38 |
| URI: | https://repository.bku.ac.id/id/eprint/2120 |
