Efektivitas Expressive Writing Therapy untuk Menurunkan Derajat Stres pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial

Faulia Azhara, Sarah (2024) Efektivitas Expressive Writing Therapy untuk Menurunkan Derajat Stres pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial. Other thesis, Universitas Bhakti Kencana.

[thumbnail of Cover.pdf] Image
Cover.pdf - Published Version

Download (124kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan.pdf] Image
Halaman Pengesahan.pdf - Published Version

Download (184kB)
[thumbnail of Halaman Pengujian.pdf] Image
Halaman Pengujian.pdf - Published Version

Download (184kB)
[thumbnail of Pernyataan.pdf] Image
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (169kB)
[thumbnail of Kata Pengantar.pdf] Text
Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (211kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (214kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (234kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (229kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (335kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Published Version

Download (226kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (178kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Mahasiswa berada pada usia transisi antara remaja dan dewasa yang membawa berbagai tanggung jawab serta tuntunan sebagai akademisi. Kesulitan dalam menghadapi tuntutan tersebut mengakibatkan munculnya stres. Situasi stres menyebabkan permasalahan psikologis di dalam diri seseorang, sehingga berpotensi mengalami permasalahan dari segi fisik, kognitif, emosi, atau perilaku.Dinamika permasalahan psikologis yang terjadi memiliki berbagai dampak negatif yang serius jika tidak segera ditangani, oleh karena itu dibutuhkan suatu intervensi untuk menangani stres pada mahasiswa. Salah satu bentuk intervensi yang cocok bagi mahasiswa dan mudah dilakukan yaitu melalui expressive writing therapy (EWT). EWT melibatkan proses menulis ulang pengalaman emosional, kejadian menekan yang memicu stres, atau situasi yang menekan, yang dapat memengaruhi kesehatan mental seseorang. Metode ini bermanfaat dalam mengelola dan mengurangi stres, memberikan pemahaman atau wawasan, mengurangi keluhan fisik, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta meningkatkan prestasi akademik dan kinerja kerja. Sejalan dengan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas EWT untuk menurunkan derajat stres mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Bhakti Kencana. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design dengan rancangan one group pre-post design. Derajat stres diukur menggunakan kuesioner stres yang diadopsi dari Nurhasanah (2019) berdasarkan gejala stres dari Hardjana (1994). Teknik pengambilan sampel dengan cara accidental sampling, sehingga didapatkan subjek sejumlah 18 orang dengan kategori derajat stres sedang hingga tinggi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis paired sample t-test. Hasil analisis menunjukan perbedaan yang signifikan pada skor pretest (mean= 98,83) dan posttest (mean=78,33) dengan nilai t = 4,216 dan p-value = <0,001, maka secara keseluruhan terdapat penurunan derajat stres antara sebelum dan sesudah diberikan intervensi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa EWT efektif dalam menurunkan derajat stres pada mahasiswa.

Kata kunci: derajat stres, expressive writing therapy, mahasiswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: G Psikologi
Divisions: Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Ilmu Sosial > S1 Psikologi
Depositing User: Pustaka Pustaka Pustakawan
Date Deposited: 09 Sep 2025 07:24
Last Modified: 09 Sep 2025 07:24
URI: https://repository.bku.ac.id/id/eprint/177

Actions (login required)

View Item
View Item