Faulia Azhara, Sarah (2024) Efektivitas Expressive Writing Therapy untuk Menurunkan Derajat Stres pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial. Other thesis, Universitas Bhakti Kencana.
![[thumbnail of Cover.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/image.png)
Cover.pdf - Published Version
Download (124kB)
![[thumbnail of Halaman Pengesahan.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/image.png)
Halaman Pengesahan.pdf - Published Version
Download (184kB)
![[thumbnail of Halaman Pengujian.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/image.png)
Halaman Pengujian.pdf - Published Version
Download (184kB)
![[thumbnail of Pernyataan.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/image.png)
Pernyataan.pdf - Published Version
Download (169kB)
![[thumbnail of Kata Pengantar.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (211kB)
![[thumbnail of Daftar Isi.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (214kB)
![[thumbnail of Abstrak.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Abstrak.pdf - Published Version
Download (234kB)
![[thumbnail of Bab 1.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 1.pdf - Published Version
Download (229kB)
![[thumbnail of Bab 2.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 2.pdf - Published Version
Download (335kB)
![[thumbnail of Bab 3.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (301kB)
![[thumbnail of Bab 4.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (356kB)
![[thumbnail of Bab 5.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 5.pdf - Published Version
Download (226kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (178kB)
![[thumbnail of Lampiran.pdf]](https://repository.bku.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf - Published Version
Download (1MB)
Abstract
Mahasiswa berada pada usia transisi antara remaja dan dewasa yang membawa berbagai tanggung jawab serta tuntunan sebagai akademisi. Kesulitan dalam menghadapi tuntutan tersebut mengakibatkan munculnya stres. Situasi stres menyebabkan permasalahan psikologis di dalam diri seseorang, sehingga berpotensi mengalami permasalahan dari segi fisik, kognitif, emosi, atau perilaku.Dinamika permasalahan psikologis yang terjadi memiliki berbagai dampak negatif yang serius jika tidak segera ditangani, oleh karena itu dibutuhkan suatu intervensi untuk menangani stres pada mahasiswa. Salah satu bentuk intervensi yang cocok bagi mahasiswa dan mudah dilakukan yaitu melalui expressive writing therapy (EWT). EWT melibatkan proses menulis ulang pengalaman emosional, kejadian menekan yang memicu stres, atau situasi yang menekan, yang dapat memengaruhi kesehatan mental seseorang. Metode ini bermanfaat dalam mengelola dan mengurangi stres, memberikan pemahaman atau wawasan, mengurangi keluhan fisik, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta meningkatkan prestasi akademik dan kinerja kerja. Sejalan dengan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas EWT untuk menurunkan derajat stres mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Bhakti Kencana. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design dengan rancangan one group pre-post design. Derajat stres diukur menggunakan kuesioner stres yang diadopsi dari Nurhasanah (2019) berdasarkan gejala stres dari Hardjana (1994). Teknik pengambilan sampel dengan cara accidental sampling, sehingga didapatkan subjek sejumlah 18 orang dengan kategori derajat stres sedang hingga tinggi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis paired sample t-test. Hasil analisis menunjukan perbedaan yang signifikan pada skor pretest (mean= 98,83) dan posttest (mean=78,33) dengan nilai t = 4,216 dan p-value = <0,001, maka secara keseluruhan terdapat penurunan derajat stres antara sebelum dan sesudah diberikan intervensi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa EWT efektif dalam menurunkan derajat stres pada mahasiswa.
Kata kunci: derajat stres, expressive writing therapy, mahasiswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | G Psikologi |
Divisions: | Kampus Pusat (Bandung) > Fakultas Ilmu Sosial > S1 Psikologi |
Depositing User: | Pustaka Pustaka Pustakawan |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 07:24 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 07:24 |
URI: | https://repository.bku.ac.id/id/eprint/177 |