JANNAH, RIANTI RIYADUL (2025) HUBUNGAN PERSONALITY INTROVERT EKSTROVERT TERHADAP PROBLEMATIK STRES AKADEMIK PADA REMAJA SEKOLAH DI SMK NEGERI 2 KOTA TASIKMALAYA. Other thesis, UNIVERSITAS BAHAKTI KENCANA.
cover.pdf - Published Version
Download (48kB)
HAl. Pengesahan.pdf - Published Version
Download (107kB)
HAL. Pengujian.pdf - Published Version
Download (102kB)
HAL.PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (422kB)
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (258kB)
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB)
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (152kB)
BAB 1.pdf - Published Version
Download (300kB)
BAB 2.pdf - Published Version
Download (260kB)
BAb 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (490kB)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (320kB)
BAB 5.pdf - Published Version
Download (267kB)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (2MB)
Abstract
HUBUNGAN PERSONALITY INTROVERT EKSTROVERT TERHADAP PROBLEMATIK STRES AKADEMIK PADA REMAJA SEKOLAH DI SMK NEGERI 2 KOTA TASIKMALAYA
RIANTI RIYADUL JANNAH
201FK07034
Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Keperawatan
Universitas Bhakti Kencana PSDKU Tasikmalaya
ABSTRAK
Stres akademik timbul dari proses kognitif siswa terkait dengan tuntutan dan tantangan di lingkungan sekolah yang berdampak negatif pada kinerja akademik, kesehatan mental, serta kesejahteraan siswa. Stres akademik disebabkan oleh berbagai faktor, baik faktor internal maupun eksternal. Faktor internal berasal dari diri siswa, seperti kepribadian introvert dan ekstrovert. Kepribadian introvert cenderung lebih tertutup dan sensitif, sedangkan kepribadian ekstrovert lebih terbuka dan aktif. Perbedaan karakteristik kepribadian ini dapat memengaruhi siswa dalam menghadapi tuntutan akademik dan mengelola stres yang dialami. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara kepribadian introvert ekstrovert dengan problematik stres akademik pada remaja sekolah di SMK Negeri 2 Kota Tasikmalaya. Metode penelitian kuantitatif korelasional, dengan sampel 96 responden yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui angket dan dianalisis menggunakan uji likelihood ratio test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stres akademik lebih banyak terjadi pada siswa berkepribadian ekstrovert dengan kategori rendah, dan terdapat hubungan signifikan antara kepribadian introvert-ekstrovert dengan problematika stres akademik. Hal ini menunjukkan bahwa tipe kepribadian introvert maupun ekstrovert dapat berkontribusi pada terjadinya stres akademik pada siswa.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | A Keperawatan > AI Jiwa |
| Divisions: | PSDKU Tasikmalaya > S1 Keperawatan |
| Depositing User: | editor psdku tasik |
| Date Deposited: | 20 Nov 2025 04:12 |
| Last Modified: | 20 Nov 2025 04:12 |
| URI: | https://repository.bku.ac.id/id/eprint/1536 |
