Browsing Fakultas Farmasi by Title
Now showing items 1-20 of 265
-
AMBARAN PELAYANAN SWAMEDIKASI PADA PASIEN LANJUT USIA
(2020-08-20)Tujuan dilakukan penulisan karya tulis ini yaitu untuk mengetahui gambaran pelayanan swamedikasi terhadap pasien geriatri. Metode yang digunakan yaitu dengan melakukan penelusuran pustaka terhadap jurnal ilmiah secara ... -
ANALISIS ABC PENGGUNAAN OBAT ANTIBIOTIKDI RUMAH SAKIT UMUM JASA KARTINI KOTA TASIKMALAYABULAN JULI –DESEMBER 201
(2020-08-20)Analisis ABC adalah sebuah cara untuk mengidentifikasi kelompok jenis obat yang menunjukan nilai penyerapan dana dalam kurun waktu tertentu, dengan membagi menjadi 3 kelompok. Kelompok A meliputi 10% lebih item obat yang ... -
ANALISIS KARAKTERISTIKMASYARAKAT TERHADAPTINDAKAN SWAMEDIKASI DIAREAKUT DI PERUMAHAN DAERAH KABUPATEN BOGOR
(2020-08-25)Penyakit diare merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia. Hal ini dikarenakan masih tingginya angka kesakitan diare yang menimbulkan kematian. Faktor pola pemberian makanan dan lingkungan ... -
ANALISIS KELENGKAPAN RESEP SECARA ADMINISTRASI DAN FARMASETIK DI APOTEK KOMUNITAS SEHAT PERMATA BANDUNG
(UNIVERSITAS BHAKTI KENCANA, 2021-08-27)Resep merupakan permintaan tertulis baik paper ataupun elektronik dari dokter, maupun dokter gigi untuk diserahkan kepada apoteker, untuk menyediakan dan menyerahkan obat bagi pasien sesuai dengan peraturan yang berlaku. ... -
ANALISIS KETEPATAN PENERIMAAN OBAT-OBATANYANG DI KIRIM DARI DISTRIBUTOR DI SALAH SATURUMAH SAKIT SWASTA KOTA BANDUNG
(2020-08-25)Proses penerimaan obat-obatan bertujuanuntuk menjamin obat-obatanyang diterima sesuai dengan spesifikasipada order pembelian rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah item obat ... -
ANALISIS PEMBERIAN OBAT TANPARESEP DOKTER DI INSTALASI FARMASIRUMAH SAKIT WIJAYA KUSUMAH KUNINGAN
(2020-08-25)Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental,dimanaa penelitiana inia dilakukana dengana cara mengolaha dataa yang sudah ada.Data penelitian yang digunakan adalah data penjualan obat tanpa resep selama 1 tahun ... -
ANALISIS PEMBIAYAAN PROGRAM TEMUKAN OBATI SAMPAI SEMBUH (TOSS) PENYAKIT TBC DI INDONESIA
(2020-08-20)Indonesia sebagai negara kedua prevalensi tuberkulosis di dunia mempunyai wacana eliminasi tuberkulosis pada tahun 2050 dengan program temukan obati sampai sembuh (TOSS). Pengobatan tuberkulosis merupakan program pemerintah ... -
ANALISIS PENGENDALIAN PERBEKALAN FARMASI DENGAN WAKTU KADALUARSA KURANG DARI ENAM BULAN DI GUDANG FARMASI SALAH SATU RUMAH SAKIT SWASTA KOTA BANDUNG
(2020-08-20)Pengendalian persediaan perbekalan farmasi berperan penting dalam upaya menyediakan perbekalan farmasi secara tepat waktu, jumlah, jenis dan biaya, salah satu yangharus sangat diperhatikan agar mengurangi kerugianrumah ... -
ANALISIS PERESEPAN ANTIBIOTIK ISPA NON PNEUMONIADI UPTD PUSKESMAS TAMBUN PERIODE BULAN MEI TAHUN 2020
(2020-08-20)Penggunaan obat tidak rasional merupakan masalah yang sangat serius. Kebanyakan obat diresepkan, diracik atau dijual tidak tepat. Obat juga rentan untuk tidak digunakan secara tepat. Hal tersebut akan berdampak pada tidak ... -
ANALISIS TINGKAT KEPATUHAN MASYARAKAT TERHADAP PENGGUNAAN OBAT ANTIHIPERTENSI DI WILAYAH RW 08 KECAMATAN BALEENDAH KABUPATEN BANDUNG
(UNIVERSITAS BHAKTI KENCANA, 2021-08-27)Hipertensi umumnya dikenal sebagai penyakit kardiovaskular dimana pasien memiliki tekanan darah di atas normal dan juga termasuk penyakit kronis yang harus ditangani dengan tepat dan terus menerus. Salah satu penentu ... -
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIANDI UPT PUSKESMAS PANYILEUKAN
(2020-08-20)Pelayanan Kefarmasian yang baik adalah pelayanan yang bertanggung jawab atas proses pengobatan terhadap pasiendengan memperhatikanobat sesuai peraturan dan pengetahuan yang ada tanpa meragukan nya. Kepuasan pasien adalah ... -
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIENTERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI SALAH SATU PUSKESMAS DI KABUPATEN BEKASITAHUN 2020
(2020-08-25)Pelayanan dan kepuasan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, karena dengan adanya kepuasan maka pihak terkait dapat saling mengkoreksi sampai dimana pelayanan yang diberikan apakah bertambah ... -
ANALISIS WAKTU PELAYANAN RESEP PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI SALAH SATU RUMAH SAKIT SWASTADI BANDUNG
(2020-08-25)Salah satu standar pelayanan farmasi di rumah sakit adalah waktu tunggu. Waktu tunggu pelayanan resep adalah tenggang waktu mulai pasien menyerahkan resep sampai dengan pasien menerima obat. Waktu tunggu berpengaruh pada ... -
EVALUASI DISTRIBUSI OBAT KEPADA PASIEN RAWAT INAP DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT SWASTA BANDUNG (Suatu Studi pada Pelayanan Obat di IFRS Swasta Bandung)
(2020-08-25)Pelayanan obat merupakan salahsatu dari pelayanan di rumah sakit, dan pelayanan obat pasien rawat inap dilaksanakan oleh Instalasi Farmasi Rumah Sakit. Ada proses penyampaian sediaan obatdan atau alat ... -
EVALUASI KEPATUHAN PASIEN HIPERTENSI DI BEBERAPARUMAH SAKIT DI INDONESIA
(2020-08-20)Keadaan seseorang yang mengalami peningkatan tekanan darah diatas normal,yaitu tekanan darah sistolik ≥ 140 mmHg dan tekanan darah ≥ 90 mmHg, disebuthipertensi dan juga ditambah dengan gejala yang menyertainya seperti ... -
EVALUASI KEPATUHAN PETUGAS FARMASI DALAMPENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI DI RUANG ONE DAY CAREDI SALAH SATU RUMAH SAKIT SWASTA DI BANDUNGPERIODE MARET 2020
(2020-08-25)Alat Pelindung Diri ( APD ) berfungsi untuk melindungi tubuh terhadap bahaya-bahaya kecelakaan kerja dan mengurangi tingkat keparahan dari kecelakaan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara pengetahuan ... -
EVALUASI KEPATUHAN UJI KULTUR PADA PASIENYANG MENDAPAT TERAPI ANTIBIOTIK RESTRIKSIDI SALAH SATU RUMAH SAKIT SWASTA DI BANDUNG
(2020-08-25)Pemberian antibiotik merupakan pengobatan utama dalam penatalaksanaan infeksi.Manfaat antibiotik tidak perlu diragukan lagi,akan tetapi penggunaan antibiotik dapat menimbulkan resitensi dan efek obat ... -
EVALUASI KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI SALAH SATU APOTEK KOTA BANDUNG
(2020-08-20)Kepuasan merupakan tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan antara kinerja atau hasil yang dirasakan dengan yang diharapkannya.Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian merupakan salah satu metode untuk ... -
EVALUASI KEPUASAN PASIEN TERHADAP PEMENUHAN STANDARPELAYANAN MINIMAL RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT PRASETYA BUNDATASIKMALAYA
(2020-08-25)Kepuasan pasien merupakan salah satu tolak ukur untuk mengukur keberhasilan pelayanankefarmasian. Pasien yang puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh petugas kefarmasianmenujukkan bahwa pelayanan yang diberikan sesuai ... -
EVALUASI KESESUAIAN PENGADAAN OBAT BEDASARKAN FORMULARIUM RUMAH SAKIT UMUM HASANAH GRAHA AFIAH
(2020-08-20)Formularium Rumah Sakit disusun oleh Komite Farmasi dan Terapi (KFT) digunakan sebagai dasar pengadaan obat melalui pembelian , namun dalam pelaksanaan masih adaobat yang dipesan di luar daftar Formularium Rumah Sakit yang ...