PENERAPAN TERAPI BERMAIN MEWARNAI DALAM ASUHAN KEPERAWATAN ANAK USIA (3-6 TAHUN) DENGAN BRONKOPNEUMONIA UNTUK MENURUNKAN TINGKAT KECEMASAN DI RUANG NUSA INDAH BAWAH RSUD DR.SLAMET GARUT TAHUN 2024
Abstract
Latar Belakang: Bronkopneumonia adalah penyakit infeksi saluran pernapasan akut yang menyerang anak-anak. Kasus bronkopneumonia khususnya di ruang rawat inap anak Nusa Indah Bawah RSUD Dr. Slamet Garut mencapai 291 anak, salah satu dampak yang dapat terjadi adalah ansietas. Untuk mengatasi ansietas terdapat salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu melakukan asuhan keperawatan dengan penerapan terapi bermain mewarnai gambar menggunakan crayon. Tujuan Penelitian: Memperoleh pengalaman secara nyata dalam melaksanakan asuhan keperawatan dan mampu menganalisis penerapan terapi bermain mewarnai dalam pemberian asuhan keperawatan anak pada usia (3-6 tahun) dengan bronkopneumonia di ruang nusa indah bawah RSUD Dr.Slamet tahun 2024. Metode Penelitian: Penelitian menggunakan metode observasi dan deskriptif kualitatif berupa studi kasus pada 2 pasien anak bronkopneumonia dengan masalah keperawatan ansietas. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar informed consent, format pengkajian keperawatn anak, SOP terapi bermain mewarnai gambar, leaflet, format pengukur kecemasan, dan alat-alat kelengkapan mewarnai seperti crayon, buku mewarnai dan meja lipat. Hasil Penelitian: Hasil proses keperawatan dengan dilakukannya penerapan terapi bermain mewarnai pada masalah keperawatan ansietas, pada responden 1 dan 2 menunjukan masalah teratasi dengan kriteria hasil yang didapatkan yaitu perilaku gelisah menurun dan respon ketika bertemu tenaga kesehatan membaik. Saran: Penelitian ini diharapkan dapat memberikan saran kepada keluarga yang memiliki anggota keluarga mengalami kecemasan dan dirawat di rumah sakit, untuk menggunakan terapi bermain mewarnai.