ANALISIS WAKTU PELAYANAN RESEP PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI SALAH SATU RUMAH SAKIT SWASTADI BANDUNG
Abstract
Salah satu standar pelayanan farmasi di rumah sakit adalah waktu tunggu. Waktu tunggu pelayanan resep adalah tenggang waktu mulai pasien menyerahkan resep sampai dengan pasien menerima obat. Waktu tunggu berpengaruh pada kualitas pelayanan dan kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis waktu pelayanan resep di Instalasi Farmasi salah satu Rumah Sakit Swasta di Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pengambilan data secara konkuren terhadap pasien rawat jalan yang menebus obat di Instalasi Farmasi. Pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2020. Penelitian dilakukan dengan menghitung waktu tunggu pelayanan obat jadi dan obat racikan kemudian dilakukan analisis terhadap kesesuaian dengan standar pelayanan minimal farmasi kategori lama waktu tunggu. Jumlah resep dalam penelitian ini sebanyak 360 resep yang terdiri dari 317 resep obat jadi dan 43 resep obat racikan. Waktu tunggu rata-rata obat jadi adalah 7,9 menit dan rata-rata obat racikan adalah 22 menit. Hasil penelitian rata-rata waktu tunggu pelayanan resep obat jadi dan obat racikan sudah memenuhi standar pelayanan minimal rumah sakit sesuai Kepmenkes RI No. 129 tahun 2008 tentang waktu tunggu pelayanan resep obat jadi < 30 menit dan obat racikan < 60 menit.