EVALUASI KEPUASAN PASIEN TERHADAP PEMENUHAN STANDARPELAYANAN MINIMAL RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT PRASETYA BUNDATASIKMALAYA
Abstract
Kepuasan pasien merupakan salah satu tolak ukur untuk mengukur keberhasilan pelayanankefarmasian. Pasien yang puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh petugas kefarmasianmenujukkan bahwa pelayanan yang diberikan sesuai dengan yang diharapkan pasien ataubahkan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kepuasan pasien rawat jalanterhadap dimensi bukti langsung, empati, kehandalan, daya tanggap, dan jaminan daripelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Prasetya Bunda. Jenis penelitian iniadalah deskriptif yaitu dengan menggunakan lembar kuesioner sebagai instrument penelitiankemudian dihitung persentase rata-rata kepuasan pasien dan diketegorikan dalam range skalakepuasan.Berdasarkan hasil penelitian pada 100 responden diketahui pada dimensi Nyata(82%),kemudian dimensi jaminan (81%), dimensi kehandalan (80%), dimensi ketanggapan(79%), dan persentase terendah pada dimensi empati (78%). Dari hasil persentase diatasresponden dinyatakan puas (80%) terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi RumahSakit Prasetya Bunda Tasikmalaya