GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TEHADAP KUALITAS PELAYANAN LABORATORIUM KEPERAWATAN DIKAMPUS 2 PROGRAM STUDI DIII KEPERAWATAN FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS BHAKTI KENCANA BANDUNG PERIODE 2017-2020
Abstract
Sekolah/institusi pendidikan berfungsi sebagai tempat pembinaan dan pengembangan semua potensi individu yang ditunjang oleh sarana dan prasarana dalam menunjang proses pembelajaran salah satunya adalah laboratorium Pengamatan tim Standard Operasional Precedures (SOP), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menunjukkan bahwa kualitas laboratorium di Perguruan Tinggi belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kualitas pelayanan laboratorium keperawatan dikampus 2 program studi diploma III keperawatan universitas bhakti kencana bandung periode 2017-2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi sebanyak 375 mahasiswa, sampel dalam penelitian ini sebanyak 79 responden dengan tehnik pengambilan Stratified Random Sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner.
Hasil penelitian menunjukan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kualitas pelayanan laboratorium berdasarkan aspek bukti fisik (tangible) ada pada kategori tidak puas sebanyak 48 responden (60,8%), sebagian besar dari responden menyatakan puas berdasarkan aspek empati (empathy) sebanyak 40 responden (50,6%), sebagian besar dari responden menyatakan tidak puas berdasarkan aspek kehandalan (reliability) sebanyak 40 responden (50,6%), sebagfian besar dari responden menyatakan puas berdasarkan aspek daya tanggap (responsiveness) sebanyak 50 responden (63,3%), sebagian besar dari responden menyatakan tidak puas berdasarkan aspek jaminan (assurance) sebanyak 42 responden (53,2%). Bagi institusi program studi diploma III keperawatan universitas bhakti kencana bandung diharapkan untuk lebih meningkatkan lagi kualitas pelayanan laboratorium yang ada, terutama jumlah peralatan dan perlengkapan di laboratorium harus ditambah, petugas harus memberikan informasi tentang peralatan yang ada di laboratorium dan cara penggunaannya kepada mahasiswa sebelum melakukan praktikum dan petugas laboratorium juga harus mengetahui tentang pemeliharaan peralatan dan perlengkapan yang ada di laboratorium.