EFEKTIVITAS MEDIA PPT DAN VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA SISWA KELAS V DAN KELAS VI DI SDN CIBEUNYING 01 KABUPATEN BANDUNG TAHUN 2019
Abstract
Perilaku Sehat Cuci Tangan Pakai Sabun saat ini kurang menjadi perhatian
dunia, kebanyakan masyarakat masih lupa untuk melakukan perilaku cuci tangan.
Petugas kesehatan mempunyai peran untuk memberi informasi kepada masyarakat
termasuk anak sekolah mengenai perilaku cuci tangan pakai sabun. Penyampaian
pesan atau informasi yang baik dan benar membutuhkan media yang tepat. Media
Penyuluhan berperan sangat penting dalam menyampaikan ide/gagasan materi
penyuluhan. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui efektivitas media PPT dan
video terhadap Pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun pada Siswa Kelas V dan
VI di SDN Cibeunying 01 Kabupaten Bandung.
Rancangan penelitian adalah Pre-Eksperimental dengan design one group
pre test and post test design. Sampel sebanyak 52 siswa menggunakan teknik
Total Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor tingkat
pengetahuan pada pre test yaitu 7,19. Sedangkan untuk rata-rata skor tingkat
pengetahuan pada saat post test yaitu 9,31.
Hasil uji t dependent berpasangan didapatkan p value sebesar 0.000 <
0,05, maka dapat dinyatakan Ho diterima, artinya ada pengaruh yang antara
pengetahuan siswa sebelum dan setelah diberikan pendidikan kesehatan melalui
media PPT dan video.