dc.contributor.author | EKA SUKMA, BAMBANG | |
dc.date.accessioned | 2021-02-23T07:44:58Z | |
dc.date.available | 2021-02-23T07:44:58Z | |
dc.date.issued | 2018-08-28 | |
dc.identifier.uri | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/1773 | |
dc.description.abstract | Motivasi belajar adalah kekuatan atau dorongan dalam
melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan dari dalam diri maupun
dari luar diri. Dampak jika motivasi belajar rendah akan mengakibatkan
minat belajar rendah, stres dan nilai dalam pelajaran menurun.
Hipnoterapi merupakan salah satu metode yang terbukti dan sangat
efektif untuk mengatasi motivasi belajar siswa yang rendah. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh hipnoterapi
terhadap motivasi belajar siswa di SMK Bhakti Kencana Bandung Tahun
2018.Metode yang digunakan adalah Pre-Eksperiment dengan populasi
120 responden didapatkan sampel yang digunakan dengan teknik
purposive sampling didapatkan sebanyak 50 responden.
Kuesioner yang digunakan adalah kuesioner motivasi belajar.
Didapatkan data hasil dari sebelum dilakukan hipnoterapi motivasi belajar
didapatkan hasil 100% motivasi belajarnya rendah. Sedangkan sesudah
dilakukan hipnoterapi motivasi belajar siswa didapatkan hasil signifikan
yaitu 100% tinggi.Terdapat pengaruh hipnoterapi terhadap motivasi belajar siswa
sebelum dan sesudah dilakukan hipnoterapi dengan p-value 0,000.
Dapat dijadikan bahan acuan untuk memotivasi belajar siswa serta
mampu menjadi sebuah alternatif yang dapat dilakukan melalui
hipnomotivasi khususnya untuk siswa yang bermasalah dalam hal
motivasi belajar, dengan membuat program lanjutan atau terjadwal oleh
pihak SMK Bhakti Kencana Bandung. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.subject | Hipnoterapi, Motivasi Belajar, Siswa SMK | en_US |
dc.title | PENGARUH HIPNOTERAPI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PERAWAT DI SMK BHAKTI KENCANA BANDUNG TAHUN 2018 | en_US |
dc.type | Other | en_US |