Show simple item record

dc.contributor.authorNURSINGGIH, ABDHAN FIRDAUS
dc.date.accessioned2021-02-23T01:56:27Z
dc.date.available2021-02-23T01:56:27Z
dc.date.issued2019-08
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/1413
dc.description.abstractAutisme adalah terganggunya perkembangan komunikasi, interaksi sosial, tidak bisa menangkap dan memperhatikan informasi yang diberikan. Permainan lotto adalah permainan yang dilakukan kelompok maupun perorangan dan permainan ini melatih daya nalar untuk kemampuan penglihatan, pendengaran secara bersamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh terapi bermain lotto terhadap kemampuan interaksi sosial anak autisme. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental Design dengan design atau rancangan penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah rancangan “OneGroupPretest-Postest”. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan total sampling pada 19 anak autisme di SLB Negeri Cileunyi. Dengan analisa univariat menggunakan distribusi frekuensi dan analisa bivariate menggunakan Wilcoxon. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu Autism Treathment Evaluation Checklist (ATEC) instrumen yang digunakan tidak dilakukan uji validitas dan reliabilitas karena instrument telah baku. Hasil penelitian pre-test didapatkan bahwa sebagian besar mengalami interaksi sosial kurang dan hampir setengahnya interaksi sosial cukup sedangkan post-test didapatkan bahwa sebagian besar memiliki interaksi social cukup (63,2%) dan sebagian kecil interaksi sosial baik (21,1%) dan interaksi sosial kurang (15,8%).Hasil analisis Wilcoxon diketahui bahwa nilai P-value = 0,000 < α = 0,050 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. sehingga terdapat pengaruh terapi bermain lotto terhadap kemampuan interaksi sosial anak autisme. Berdasarkan penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh terapi bermain lotto terhadap kemampuan interaksi sosial anak autisme, permainan lotto ini dapat dijadikan untuk mengintervensi anak autisme dan dirancang untuk memberikan rangsangan pendengaran, penglihatan juga mengkondisikan anak agar bisa fokus terhadap suatu tugas. Sehingga hal tersebut bisa menjadi salah satu penanganan gangguan interaksi sosial. Terapi ini diharapkan menjadi terapi tambahan baik disekolah maupun orang tua.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUNIVERSITAS BHAKTI KENCANAen_US
dc.subjectAutisme, Interaksi Sosial, Terapi Bermain Lottoen_US
dc.titlePENGARUH TERAPI BERMAIN “LOTTO” TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK AUTISME USIA SD DAN SMP DI SLB NEGERI CILEUNYI KABUPATEN BANDUNG TAHUN 2019en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record