dc.description.abstract | Keluarga adalah faktor utama dalam proses perawatan pasien dengan gangguan
jiwa. Dalam mendukung proses perawatan pasien, dibutuhkan sebuah kemampuan
yang baik dan benar yang dimiliki oleh seorang caregiver khusunya keluarga.
Oleh karena itu, perlupendekatan yang bisa dilakukan oleh perawat dalam
membantu keluarga dalam meningkatkan kemampuannya merawat pasien dengan
gangguan jiwa. Terapi Psikoedukasi Keluarga adalah sebuah terapi yang
melibatkan keluarga dalam program perawatan pasien dengan gangguan jiwa.
Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi Pengaruh Terapi Psikoedukasi
Keluarga terhadap kemampuan keluarga dalam merawat pasien dengan gangguan
jiwa. Jenis penelitian yang digunakan adalah literature review dengan melakukan
pencarian artikel menggunakan tiga database yaitu Google Schoolar, Pubmed dan
Scient Direct dengan kata kunci therapy psychoeducation, family ability, mental
disorders. Hasil artikel yang didapatkan berjumlah 7 artikel sesuai dengan kriteria
inklusi dan ekslusi yang telah ditentukan oleh penulis. Untuk menilai kualitas
artikel yang dipakai, penulis menggunakan instrumen critical appraisal Joanna
Briggs Institute Checklist for Quasi Experimental Studies (non-randomized
experimental studies) and critical appraisal Joanna Briggs Institute Checklist for
Randomized Control Trial. Berdasarkan 7 artikel penelitian didapatkan hasil
bahwa terapi psikoedukasi keluarga efektif untuk meningkatkan kemampuan
keluarga dalam merawat pasien, mengurangi kekambuhan pasien, meningkatkan
pengetahuan keluarga tentang masalah kesehatan, melatih keluarga untuk
mengeksplorasi perasaan yang sedang dialami, serta mengurangi beban keluarga.
Hasil penelitian ini dapat dijadikan landasan teori dalam mengimplementasikan
terapi prikoedukasi oleh perawat agar dapat bermanfaat bagi caregiver khusunya
keluarga dalam merawat pasien dengan gangguan jiwa. | en_US |