LITERATUR REVIEW TINGKAT KECEMASAN SISWA REMAJA SELAMA PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Latar Belakang: Dampak psikologis selama pembelajaran daring dimasa pandemi
Covid-19 adalah kecemasan. Kecemasan merupakan perasaan pribadi mengenai
ketegangan mental yang membuat gelisah sebagai reaksi umum dari ketidakmampuan
mengatasi suatu masalah atau tidak ada rasa aman. Tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui tingkat kecemasan siswa remaja selama pembelajaran daring dimasa
pandemi covid-19. Metode: Penelitian literatur review ini menggunakan metode
pendekatan kuantitatif. Sumber data: Pencarian jurnal menggunakan Google Scholar
(2019-2022) dan pubmed (2019-2022). Metode pencarian jurnal menggunakan PICOS
framework. Hasil: literature review dari 9 jurnal menunjukan tingkat kecemasan siswa
selama pembelajaran daring dimasa pandemi Covid-19 dengan rata-rata kategori berat.
Kesimpulan: Berdasarkan dari 9 jurnal menunjukan bahwa siswa mengalami
kecemasan saat pembelajaran daring dimasa pandemi Covid-19 dengan kategori yang
berbeda-beda dari kecemasan itu sendiri, dengan faktor pemicu ketidaksiapan diri
dalam melaksanakan pembelajaran, kendala teknis saat pembelajaran, motivasi belajar
yang kurang, dan juga pengetahuan akan teknologi yang kurang.