GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS BHAKTI KENCANA GARUT TENTANG KOMUNIKASI TERAPEUTIK
Abstract
Komunikasi terapeutik merupakan salah satu kompetensi yang penting
dalam dilakukan proses keperawatan terutama pembelajaran tentang komunikasi
terapeutik dapat dilakukan melalui perkuliahan. Kendala yang sering dihadapi
adalah kesenjangan tingkat pengetahuan antara pasien dan mahasiswa serta
terdapat mahasiswa yang belum memahami konsep komunikasi terapeutik dengan
baik. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan
mahasiswa keperawatan Universitas Bhakti Kencana Garut tentang komunikasi
terapeutik.
Jenis penelitian menggunakan Metode Deskriptif kuantitatif. Penelitian ini
dilakukan kepada mahasiswa keperawatan dengan sampel sebanyak 70 orang
dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan
data dengan menggunakan kuesioner dalam bentuk pilihan ganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian dari responden (56%)
memiliki pengetahuan baik, sebagian kecil dari responden (32%) berpengetahuan
cukup, dan sangat sedikit dari responden (12%) berpengetahuan kurang tentang
komunikasi terapeutik. Saran bagi Institusi Pendidikan hasil penelitian ini
dijadikan sebagai sumber atau data dasar bagi peneliti selanjutnya dengan ruang
lingkup yang sama. Bagi responden penelitian Mahasiswa Keperawatan
Universitas Bhakti Kencana Garut dapat meningkatkan tingkat pengetahuan
komunikasi terapeutiknya dengan mencari informasi tambahan dari beberapa
literature dan buku-buku ilmiah, serta melakukan diskusi antar sesama mahasiswa
atau dosen.