TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN UNIT FARMASI DI PUSKESMAS JATIMULYA KABUPATEN BEKASI
Abstract
Pelayanan dan kepuasan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, karena dengan adanya kepuasan maka pihak terkait dapat saling mengkoreksi sampai dimana pelayanan yang diberikan apakah bertambah baik atau buruk. Hal tersebut sangat dipengaruhi oleh setiap petugas dalam memberikan pelayanan, dengan kata lain pelayanan yang dapat memuaskan adalah pelayanan yang dilakukan berdasarkan ketentuan yang berlaku dan dapat memahami apa yang diminta masyarakat. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menilaitingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Puskesmas Jatimulya Kabupaten Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu penelitian yang menggambarkan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian yang di analisis dengan menggunakan kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan yang mengambil obat di Apotek Puskesmas Jatimulya Kabupaten Bekasi. Sampel penelitian yang diambil secara quota sampling yaitu sebanyak 100 orang. Hasil penelitian tentang tingkat kepuasan pasien di Apotek Puskesmas Jatimulya Kabupaten Bekasi menunjukkan bahwa kategori tingkat kepuasan terbesar yaitu pada dimensi kehandalan sebanyak 78,17%, dimensi ketanggapan 75,50%, dimensi jaminan 78,38%, dimensi empati 79,25%, dan terakhir yaitu dimensi penampilan sebanyak 89,94%. Hasil data dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pelayanan kefarmasian pada pasien rawat jalan di Apotek Puskesmas Jatimulya Kabupaten Bekasi berdasarkan 5 dimensi kualitas pelayanan adalah sangat puas dengan persentase sebanyak 80,25%.