TINGKAT KEPUASAAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SUMEDANG
Abstract
Pelayanan kefarmasian yang baik adalah pelayanan yang langsung terfokus pada proses
penggunaan obat yang bertujuan untuk menjamin keamanan, efisiensi dan rasionalitas
penggunaan obat dengan menerapkan ilmu dan fungsi pelayanan pasien. Kepuasan pelanggan
merupakan respon klien atau pengguna jasa atas setiap pelayanan yang diberikan. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian
selama instalasi farmasi eksternal RSUD Soumedang yang diikuti. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode penelitian non eksperimen dengan metode deskriptif dengan
teknik survei (survey deskriptif). Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 100 responden,
data diperoleh dengan mengisi kuesioner tingkat kepuasan. Tingkat kepuasan diukur
berdasarkan lima dimensi yaitu keandalan kualitas pelayanan (reliability), daya tanggap
(responsiveness), empati (empathy), bukti nyata/langsung (tangible), d Asuransi (asuransi) dan
analisis persentase dan skala likert. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah dimensi
kehandalan (reliability) 70,83%, dimensi ketanggapan (responsivess) 69,32%, dimensi empati
(Emphaty) 72,6%, dimensi bukti Tangible/tangible (tangible) 73,25% dan dimensi
asurans/jaminan ( assurance) 73,08%. Rata-rata persentase interpretasi hasil lima dimensi adalah
71,82% yang berarti termasuk dalam kategori puas.